PPKMB Ajak Mahasiswa Baru Berjejaring dengan Kawan Berbagai Fakultas

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin

UNAIR NEWS – Sebelum memulai kegiatan persekolahan, biasanya pelajar mendapatkan pembekalan orientasi tentang kehidupan sekolah. Begitu pula dengan Universitas Airlangga. Para mahasiswa baru dibekali orientasi terlebih dahulu sebelum menjalani kegiatan perkuliahan.

Orientasi mahasiswa baru di UNAIR dikemas dalam kegiatan bernama Program Pembinaan Kebersamaan Mahasiswa Baru (PPKMB). PPKMB UNAIR diselenggarakan pada Jumat (19/8) dan Senin (22/8) secara serentak di seluruh fakultas di UNAIR, salah satunya adalah Fakultas Hukum UNAIR.

Selama acara berlangsung, mahasiswa baru mendapatkan beragam materi yang disampaikan oleh empat orang dosen dari FH UNAIR. Beragam materi tersebut mulai dari sejarah dan arti logo UNAIR, hingga tips dan trik menjadi mahasiswa teladan.

Ekawestri Prajwalita Widiati, SH., LL.M, dosen pada Departemen Hukum Tata Negara UNAIR, memberikan materi mengenai kehidupan mahasiswa di kampus UNAIR. Mahasiswa terlihat antusias ketika Wiwid, sapaan akrabnya, memaparkan materi mengenai beasiswa, cara mendapatkan beasiswa, dan persentase fakultas yang mahasiswanya mendapatkan beasiswa.

“Seru, penyampaian materinya santai, dan banyak mendapatkan informasi baru seputar UNAIR yang awalnya saya belum tahu,” ungkap Caca, salah satu mahasiswa baru dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNAIR.

Tujuan diadakannya PPKMB ini agar para mahasiswa baru tidak hanya mengenal mahasiswa dari satu fakultas atau jurusan, tapi lintas fakultas. Dengan adanya PPKMB, mahasiswa baru bisa berinteraksi dengan mahasiswa di luar jurusannya. Selain itu, agar mahasiswa baru mulai mengenal dan beradaptasi dengan dunia perkuliahan.

“Di PPKMB itu enak. Kita mahasiswa baru bisa bertemu dengan mahasiswa lain dari fakultas yang berbeda. Jadi nggak hanya kenal teman satu fakultas saja,” ungkap Alifirman, salah satu mahasiswa baru dari Fakultas Vokasi.

PPKMB merupakan program wajib dari universitas. Selepas mengikuti PPKMB, mahasiswa baru akan mendapatkan sertifikat dengan bobot poin yang sudah ditentukan UNAIR. Sertifikat ini sebagai salah satu prasyarat kelulusan mahasiswa nantinya. Sehingga, jika mahasiswa baru berhalangan mengikuti, maka diwajibkan untuk mengikuti PPKMB tahun depan. (*)

Penulis: Pradita Desyanti
Editor: Binti Q. Masruroh, Defrina Sukma S.

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu