Dosen Favorit Bisa Jadi Magnet Pertemuan Alumni

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Mochammad Taufik Hidayat.

UNAIR NEWS – Universitas Airlangga memiliki alumni yang tersebar di berbagai penjuru wilayah, baik di Indonesia maupun luar negeri. Meski belum ada jumlah resmi tentang alumni sejak awal tahun lulus, kini UNAIR berusaha merangkul kembali ratusan ribu alumninya di berbagai daerah.

Buktinya, sejak trimester akhir 2015 sampai pertengahan tahun 2016 saja, ada banyak kegiatan kumpul alumni yang dilaksanakan di berbagai daerah, seperti Kendari, Jakarta, dan Bogor.

Salah satu alumnus UNAIR di Jakarta, Mochammad Taufik Hidayat mengatakan, pertemuan alumni merupakan salah satu cara untuk mengumpulkan alumni yang tersebar di berbagai daerah. Baginya, kegiatan itu penting diselenggarakan demi memunculkan kembali rasa bangga dan memiliki terhadap almamater.

“Penting untuk ditingkatkan rasa pride dan sense of belonging-nya. Karena ketika masuk ke Jakarta, jaringan alumni itulah yang bermain,” tutur Taufik yang kini bekerja sebagai pejabat pengelola konten di Kementerian Komunikasi dan Informasi RI.

Menurut Taufik, ada banyak cara untuk merekatkan ikatan alumni UNAIR. Mereka bisa didekati dengan beragam cara berdasarkan tahun lulus. Apabila alumni tersebut lulus sebelum dekade 1990an, pertemuan-pertemuan alumni di berbagai wilayah merupakan cara tepat. Karena mereka belum begitu melek dengan teknologi. Lagipula, pertemuan alumni yang lama sudah lulus, bisa bernostalgia tentang masa-masa manis selama kuliah dulu.

Taufik juga menyarankan agar menggunakan dosen-dosen favorit pada masa itu untuk menjadi magnet bagi para lulusan. “Pas kuliah kan pasti ada dosen-dosen favorit tuh. Ajak aja para dosen favorit itu untuk mengundang alumni,” tutur Taufik ketika ditemui di kawasan Semanggi, Jakarta, Rabu (17/8).

Bagi alumni dengan tahun lulus setelah dekade 1990an, bisa jadi mereka sudah akrab dengan teknologi terkini seperti media sosial. Menurut Taufik, tak ada salahnya, UNAIR mendekati alumni dengan membentuk forum-forum, baik melalui grup WhatsApp, Facebook, dan media sosial yang lainnya. Para lulusan bisa diundang dalam satu grup berdasarkan program studi, fakultas, maupun tahun lulus.

Menambahkan keterangan Taufik, Jojo Raharjo, alumni UNAIR yang kini menjadi staf Deputi IV Kepresidenan RI, mengatakan, akan lebih baik apabila jejaring alumni bisa diperkuat sampai tingkat program studi.

Penulis: Defrina Sukma S.
Editor: Nuri Hermawan

This post is also available in: English

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave a Replay

Berita Terkini

Laman Facebook

Artikel Populer
Close Menu