Ilustrasi : Alifian Sukma
image_pdfimage_print

UNAIR NEWS – Rektor UNAIR Prof. Dr. M. Nasih, S.E., M.T., Ak., mengukuhkan 6726 mahasiswa baru program pendidikan S-1 dan pendidikan vokasio. Pengukuhan mahasiswa baru tersebut dilaksanakan di Airlangga Convention Center (ACC), Kamis (18/8) dan dihadiri seluruh mahasiswa baru serta pimpinan universitas.

Sebanyak 6726 mahasiswa baru tersebut diterima melalui jalur SNMPTN, SBMPTN, dan jalur mandiri. Mereka terdiri dari 374 mahasiswa Fakultas Kedokteran, 162 mahasiswa Fakultas Kedokteran Gigi, 241 mahasiswa Fakultas Hukum, 1208 mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis, 231 mahasiswa Fakultas Farmasi, 696 mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, 481 mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat, 327 mahasiswa Fakultas Kedokteran Hewan, 635 mahasiswa Fakultas Sains dan Teknologi, 491 mahasiswa Fakultas Ilmu Budaya, 213 mahasiswa Fakultas Psikologi, 236 mahasiswa Fakultas Keperawatan, 311 mahasiswa Fakultas Perikanan dan Kelautan, dan 1147 mahasiswa Fakultas Vokasi.

Dari jumlah mahasiswa tersebut, 21 diantaranya merupakan mahasiswa asing. Mereka mengambil program studi Pendidikan Dokter, Pendidikan Dokter Gigi, Pendidikan Apoteker, dan Pendidikan Dokter Hewan.

Dalam sambutannya, rektor UNAIR mengatakan bahwa pengukuhan ini merupakan proses menapaki babakan baru dalam hidup mahasiswa. Sebab, kegiatan belajar di kampus dan di sekolah sebagai tempat mereka menempuh studi sebelumnya merupakan dua hal yang berbeda.

BACA JUGA:  Pasutri Polisi, Kuliah Bareng S2 Kajian Ilmu Kepolisian

“Di perguruan tinggi, proses belajar berlangsung setiap hari. Tujuan dan orientasi kegiatan seluruhnya adalah untuk belajar. Belajar tidak diikat oleh waktu, tempat, guru ataupun dosen. Belajar bisa dimana saja dan kapan saja,” ujar Guru Besar Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNAIR tersebut.

Pada kesempatan wawancara, Rektor UNAIR mengatakan akan lebih mendukung kegiatan mahasiswa yang memiliki integrasi dengan kurikulum di kampus. Dengan begitu, rektor berharap ada meningkatkan prestasi mahasiswa.

“Kedepan kita akan mengintegrasikan pembelajaran di kurikuler dengan ekstra. Sehingga kegiatan mahasiswa seperti penalaran, HIMA, kegiatan yang fokus pada research tertentu akan lebih kita dorong. UKM yang support dengan kegiatan kurikuler akan kita dorong. Sehingga mereka akan bisa banyak aktif,” ujar Prof Nasih.

Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa UNAIR M. Rizky Fadilah dalam sambutannya berpesan agar mahasiswa dapat menggunakan waktu sebaik mungkin ketika menjalani kehidupan kampus.

“Manfaatkan kesempatan dengan maksimal, baik untuk mengasah softskill maupun hardskill,” ujarnya.

Pengukuhan mahasiswa baru ini juga diisi studium generale oleh alumni UNAIR tahun 1982, Ignasius Jonan. Jonan, sapaan akrabnya, memotivasi para mahasiswa baru agar pandai memanfaatkan waktu. (*)

Penulis: Binti Quryatul M
Editor: Nuri Hermawan