Teladani Baden Powell, UKM Pramuka Gelar Upacara Ulang Janji

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Upacara Ulang Janji Tri Satya Pramuka digelar pukul delapan malam di halaman parkir Student Center Universitas Airlangga, Sabtu, (13/8). (Foto: Istimewa)

UNAIR NEWS – Hari Pramuka yang diperingati setiap tanggal 14 Agustus merupakan momentum refleksi bagi para Praja Muda. Momentum ini dimanfaatkan oleh Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Pramuka  Universitas Airlangga untuk  menggelar Ulang Janji. Upacara Ulang Janji dilaksanakan pada Sabtu, (13/8).

Ulang Janji merupakan upacara pembacaan Tri Satya oleh pembina UKM Pramuka yang diikuti oleh seluruh peserta. Upacara diadakan di pelataran halaman Student Center UNAIR dan diikuti oleh peserta dari UKM Pramuka. Pembina dalam upacara ulang janji ini adalah Haryono Harimurti selaku pembina satuan 623 UKM PRAMUKA Universitas Airlangga.

“Tujuan dari Ulang Janji ialah untuk mengingatkan dan memantapkan diri kita dalam bina diri, bina satuan, dan bina masyarakat. Apakah yang sudah kita lakukan sudah sesuai dengan Tri Satya yang dianut,” ujar Muhammad Aminudin Gufron, anggota UKM Pramuka UNAIR.

Upacara Ulang Janji Tri Satya Pramuka digelar pukul delapan malam. Pelaksanaan upacara ini juga bertujuan untuk memberikan motivasi kepada seluruh anggota UKM Pramuka UNAIR untuk tetap menerapkan Tri Satya dan Darma Pramuka kepada masyarakat, seperti yang sudah dilakukan bapak pandu sedunia Baden Powell.

Sedikit kutipan terakhir dari Baden Powell yang ditujukan kepada Pramuka sedunia, “Kebahagiaan tidak timbul dari kekayaan, juga tidak dari jabatan. Jalan menuju kebahagiaan lahir batin ialah membuat dirimu sehat dan kuat pada masa anak-anak sehingga bisa berguna untuk sesama dan dapat menikmati hidup”.

Gufron juga berharap, pada upacara Ulang Janji ini anggota UKM Pramuka UNAIR bisa menjadi teladan dan panutan, serta bisa berguna di masyarakat lewat penerapan Tri Satya Pramuka.

Selain pelaksanaan upacar Ulang Janji, untuk meramaikan Hari Pramuka yang ke-55 tahun ini, UKM Pramuka UNAIR menggelar aksi bagi stiker yang bertuliskan “Pramuka suka menolong sesama”, “Pramuka itu disiplin, berani, dan setia”, “Pramuka itu suka berpetualang”, dan “Pramuka itu rajin, terampil, dan gembira”. Pembagian stiker dilakukan di Taman Bungkul dan Tugu Pahlawan, Surabaya, pada Minggu (14/8). (*)

Penulis : Faridah Hariani
Editor : Binti Q. Masruroh

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu