Penyakit Terus Berkembang, Perguruan Tinggi Dituntut Aktif Lahirkan Epidemiolog

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Dr. dr. Alden Henderson, Ketika Menyampaikan Materi dalam Kuliah Tamu di Aula Soemarto pada Kamis, (11/8). (Foto: UNAIR NEWS)

UNAIR NEWS – Seorang epidemiolog dituntut untuk dapat melakukan surveilans (observasi dalam bidang kesehatan masyarakat) dalam menggambarkan dan menilai kesehatan penduduk. Pernyataan tersebut dilontarkan oleh Dr. dr. Alden Henderson, selaku pembicara dalam kuliah tamu bertajuk “Public Health Practice For Tropical Health”, di Aula Soemarto Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) UNAIR pada Kamis, (11/8).

Dalam acara yang dihadiri oleh mahasiswa Program Studi S2 Epidemiologi dan para dosen FKM UNAIR tersebut, Alden memberi wejangan, agar seorang epidemiolog dapat membuat program dan kebijakan dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.

“Epidemiolog juga harus melakukan evaluasi terhadap tindakan, program dan layanan kesehatan,” ujar tenaga ahli dari Communicable Diseases Center (CDC) Amerika Serikat tersebut.

Seorang epidemiolog, menurut Alden, harus memiliki rasa ingin tahu yang tinggi dan ‘good thinker and good action’ terhadap masalah kesehatan, agar dapat memberikan solusi pada masalah kesehatan. Oleh karena itu penting sekali untuk mempersiapkan seorang epidemiolog pada generasi mendatang, dimana ancaman kesehatan telah terjadi hampir di berbagai negara di belahan dunia.

Epidemiologi to be a problem solver, identified ,describe and solve the problem,” jelasnya dihadapan peserta kuliah tamu.

Terkait pentingnya peranan epidemiolog dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat, Alden menganggap bahwa FKM UNAIR melalui Program Studi Magister Epidemiologi juga dituntut aktif dalam menyelenggarakan program pendidikan bidang epidemiologi, sehingga mampu menghasilkan ilmuwan dan praktisi di bidang kesehatan masyarakat terutama menjadi seorang epidemiolog. (*)

Penulis : Rekha Finazis
Editor : Dilan Salsabila

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu