Garuda Sakti, Bantu Persiapan Bekal PIMNAS Hingga Motivasi Kontingen UNAIR

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Jaket Garuda Sakti (Foto: UNAIR NEWS)

UNAIR NEWS – Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) ke-29 yang digelar di Institut Pertanian Bogor, telah memasuki hari keempat pada Kamis (11/8). Pada malam hari, merupakan puncak acara dengan diumumkannya kontingen yang berhasil merebut juara umum. Apapun hasilnya, tiap kontingen telah menunjukkan usaha semaksimal untuk meraih juara.

Berbagai peresiapan yang dilakukan selepas dinyatakan lolos untuk maju ke ajang PIMNAS telah dijalani oleh tiap kontingen, tak terkecuali kontingen PIMNAS UNAIR. Namun tidak banyak yang tahu jika segala pernak-pernik persiapan untuk melaju ke ajang PIMNAS hingga acara selesai, ada tim yang senantiasa mendukung, membantu kontingen dari UNAIR yang bertanding agar tampil maksimal. Ialah Garuda Sakti, tim yang merupakan Badan Semi Otonom (BSO) Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) UNAIR tersebut, menjadi ‘tangan’ yang bekerja di balik kesuksesan tim PIMNAS UNAIR.

BSO yang baru berusia dua tahun tersebut melakukan semua persiapan, mulai camp di Trawas, pengurusan persiapan perbekalan PIMNAS, hingga memberikan motivasi kepada tim PKM yang didampingi. Nurul Tri Wahyudi, Ketua BSO Garuda Sakti menjelaskan bahwa pihaknya menjalankan semua itu dengan koordinasi dari pihak Direktorat Kemahasiswaan dan Tim Pendamping Kemahasiswaan (TPK).

“Kami selalu berkoordinasi dengan pihak kemahasiswaan, dan TPK membantu mempersiapkan dari segi presentasi PPT dan segi display serta mental juga. Kalau kami ini fokus dari pihak mahasiswa,” jelas mahasiswa FKH UNAIR tersebut.

Dalam pendampingan tim PIMNAS kali ini, sebanyak 26 anggota Garuda Sakti ikut menemani hingga PIMNAS usai. Tri, sapaan Ketua BSO yang lahir dari komunitas keilmuan di FKM, FST, dan FKG  tersebut menjelaskan bahwa pendampingan kontingen PIMNAS ini merupakan bagian dari program kerja organisasi yang dipimpinya.

“Program kerja kami yang di bawah kemahasiswaan ini salah satunya pendampingan PIMNAS,” imbuhnya.

Tri juga menuturkan bahwa dalam mempersiapkan segala kebutuhan di ajang PIMNAS ini memang tidak mudah, terlebih pada tahun ini jarak antara pengumuman dan pelaksanaan PIMNAS yang butuh waktu kurang lebih sepuluh hari. Meski demikian ia merasa senang bisa turut serta berkontribusi dalam suksesnya kontingen UNAIR dalam perhelatan PIMNAS tahun ini .

“Ini memang merupakan kebanggan tersendiri. Ya semoga UNAIR  bisa jadi juara umum dan ke depan UNAIR tetap terus berkarya dan memberikan iklim yang segar di dunia kompetisi antar mahasiswa,” paparnya.

Dalam kesempatan tersebut, Tri juga menegaskan bahwa dalam pendampingan kontingen PIMNAS, seluruh tim Garuda Sakti yang bertugas diharuskan fokus pada tugasnya. Jika ada yang anggota tim yang lolos PIMNAS diharuskan memilih untuk fokus ke tugasnya atau ke PIMNAS.

“Kami ini professional, kalau memang jadi pendamping yang harus fokus ke tugasnya, kalau lolos PIMNAS tidak boleh jadi pendamping, harus fokus salah satunya,” tegas Tri. (*)

Penulis: Nuri Hermawan
Editor: Dilan Salsabila

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu