Vokasi dan Kanwil Pajak Adakan Kampanye Simpatik Pengampunan Pajak

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Ilustrasi Ditjen Pajak

UNAIR NEWS – Anggota Komisi IX DPR RI Indah Kurnia didampingi Direktur Penindakan Hukum Dirjen Pajak Dadang Suwarna, dan Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak (Kanwil DJP) Jawa Timur I Estu Budiarto melepas peserta pawai kampanye simpatik pengampunan pajak di halaman Kanwil DJP Jatim I, Jagir Wonokromo, Surabaya, Jumat (5/8).

Acara ini diselenggarakan dalam rangka menyukseskan program amnesti pajak. Hal ini dilakukan juga dalam rangka meningkatkan kerjasama yang baik antara Direktorat Jenderal Pajak dengan Perguruan Tinggi.

Kegiatan tersebut diikuti oleh tujuh perguruan tinggi di wilayah kerja Kanwil DJP Jatim I antara lain Universitas Kristen Petra, Universitas Ciputra, UPN Jatim, STIESIA, Universitas Narotama, Universitas Surabaya, dan tentunya Universitas Airlangga. Perwakilan mahasiswa itu disebar ke lima titik yakni Jalan Raya Darmo, Jalan Kertajaya, Jalan Ir. Soekarno, Jalan Tunjungan, dan Jalan Raya Bukit Darmo Boulevard.

Tim UNAIR sendiri mendapatkan wilayah kampanye amnesti pajak di wilayah Jalan Raya Bukit Darmo Boulevard bersama tim dari Kantor Pelayanan Pajak Pratama Sukomanunggal. Dalam berkampanye, menurut Ketua Himpunan Mahasiswa program studi D-3 Perpajakan, Fakultas Vokasi, mahasiswa dibekali kostum dan perangkat media pendukung kampanye.

Sejak dicanangkan dan disosialisasikan, program amnesti pajak di Kanwil DJP Jatim I, sudah mendapatkan nilai tebusan sebesar Rp 6,62 miliar hingga Kamis (4/8). Kepala Kanwil DJP Jatim I, Estu Budiarto, di sela kegiatan pelepasan peserta kampanye simpatik amnesti pajak, menyebutkan, nilai tebus itu berasal dari 50 Wajib Pajak (WP).

“Dari 50 WP itu, nilai harga yang diungkap mencapai Rp 310,6 miliar. Jumlah itu, kemudian ditebus dengan pembayaran pajak senilai dua persen,” jelas Estu pada saat pelepasan.

Lebih lanjut, Estu menyebutkan, selama program ini diluncurkan sejak 18 Juli 2016 lalu, sudah ada WP yang berkonsultasi untuk mengikuti amnesti pajak sebanyak 1.972 WP. Sementara yang baru melakukan masih 50 WP.

“Jadi masih banyak yang konsultasi. Harapan kami yang konsultasi ini kemudian juga segera melakukan pengungkapan dan penebusan,” lanjut Estu.

Saat ini, di luar program amnesti pajak, Kanwil DJP Jatim I, yang memiliki 13 KPP di wilayah Kota Surabaya, mendapatkan target penerimaan pajak sebesar Rp 44 triliun. Saat ini, hingga 4 Agustus 2016, Estu menyebut sudah tercapai 37 persen.

Terkait target baru dengan adanya amnesti pajak, Estu menyebutkan bahwa pihaknya masih menunggu instruksi dari Dirjen Pajak mengingat saat ini masih proses pembahasan APBN-Perubahan tahun 2016. (*)

Penulis: Okta Hartadinata
Editor: Defrina Sukma S.

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu