Tingkatkan Nilai Bisnis, Benahi Manajemen SDM

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Pimpinan prodi dan fakultas saat berfoto bersama dengan pembicara setelah pertemuan (Foto: Istimewa)

UNAIR NEWS – Membenahi manajemen sumber daya manusia (SDM) adalah cara untuk mrningkatkan nilai tambah pada bisnis. Itulah inti dari kuliah tamu yang dipaparkan oleh konsultan manajemen SDM dari Singapura Cidi Wee yang diadakan sivitas akademika program studi S-3 Ilmu Kesehatan, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Airlangga, Senin (8/8). Kuliah tamu itu diselenggarakan dengan tujuan untuk membentuk dan meningkatkan daya saing mahasiswa, alumni, dan staf pengajar.

Acara bertema “Talent Management in the 21st Century” itu diikuti oleh 94 mahasiswa jenjang S-1, S-2, dan S-3 FKM UNAIR. Cidi Wee menyampaikan dua materi yang berjudul “Managing Global Project Succesfully” dan “Talent Management”.

Cidi Wee menyampaikan, perencanaan sumber daya manusia yang tepat bisa menjadi nilai tambah bagi sebuah usaha sehingga visi misi perusahaan bisa tercapai. “Untuk meningkatkan nilai bisnis, melalui talent management kita bisa belajar mengenai perencanaan tenaga kerja, mulai dari rekrutmen, pelatihan, dan pengembangan tenaga kerja supaya terbentuk SDM yang berkualitas,” tutur Cidi Wee di Aula Sabdoabdi, FKM UNAIR.

Salah satu faktor penentu SDM yang berkualitas adalah tes seleksi penerimaan sumber daya. Dari situlah, perlu adanya berbagai macam tes dalam proses rekrutmen, seperti tes kecerdasan, kepribadian, dan bakat. Dari tes tersebut, bisa diketahui potensi sumber daya manusia yang unggul untuk diterima di perusahaan.

Kuliah tamu yang berjalan selama empat jam ini tak menyurutkan antusiasme dari peserta acara. Para peserta aktif mengajukan pertanyaan kepada pembicara. Di akhir pertemuan, pimpinan prodi dan fakultas juga memberikan suvenir kepada pembicara, dan selanjutnya acara ditutup dengan foto bersama. (*)

Penulis: Disih Sugianti
Editor: Defrina Sukma S.

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu