Inilah 12 Program Baru Perpustakaan UNAIR

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Suasana salah satu sudut perpustakaan kampus B UNAIR. Inovasi terus dilakukan demi optimalisasi layanan. (Foto: UNAIR NEWS)

UNAIR NEWS – Perpustakaan Universitas Airlangga terus melakukan inovasi dan gebrakan baru. Sejumlah program dilaksanakan untuk mewujudkan layanan yang optimal. Saat ini, setidaknya ada 12 terobosan anyar yang sedang dan akan dilakukan. Berikut poin-poinnya, berdasarkan hasil wawancara tim UNAIR News dengan Kepala Perpustakaan UNAIR Prof Dr I Made Narsa SE., MSi., Ak.

  1. Migrasi repository

Migrasi dari Aplikasi GDL ke e-Print ini dilakukan untuk mendukung program World Class University. Saat ini migrasi repository sudah berjalan sekitar 25 persen, dan ditarget selesai akhir bulan September 2016. Pemakaian aplikasi baru ini dipastikan dapat mendongkrak ranking webometric laman perpustakaan.

  1. Alih media tugas akhir mahasiswa.

Pepustkaan akan memastikan bahwa semua tugas akhir mahasiswa (skripsi, tesis, disertasi) memiliki salinan digital, sehingga dapat diakses melalui internet. Saat ini, scanning tugas akhir periode 2000-2005 tengah dilaksanakan. Targetnya, selesai akhir tahun 2016.

  1. Implementasi sistem pengelolaan perpustakaan berbasis RFID (Radio-Frequency Identification).

Saat ini proses penempelan RFID Tag sudah berjalan sekitar 80 persen. Prosesnya masih berlangsung di Perpustakaan Kampus C, Kampus A sudah tuntas, dan di Kampus B masih tersisa untuk koleksi-koleksi yang tidak disirkulasikan.

Dengan sistem ini, sistem sirkulasi akan memiliki banyak perubahan. Yang jelas, dampak positifnya akan terasa pada para pengunjung. Ke depan akan ada layanan mandiri yang menyediakan delapan station.

  1. Penataan lobi

Lobi lantai satu akan dibuat lebih nyaman dan menyenangkan. Sekaligus, dalam rangka penyelarasan dengan sistem RFID. Saat ini sudah masuk proses lelang.

  1. Pembuatan ruang partisi khusus untuk E-Lib

Saat ini sedang proses lelang. Penambahan ini berkesesuaian dengan adanya gelontoran unit komputer baru demi meningkatkan kualitas layanan.

  1. Pembuatan empat unit ruang kubikus.

Ruang ini digunakan untuk mahasiswa yang ingin belajar mandiri. Di sana, mahasiswa akan mendapat  space privat sehingga dapat lebih fokus. Pembangunannya masih dalam proses lelang.

  1. Perluasan café-library.

Khusus di Kampus A, saat ini proses perluasan sedang berlangsung.

  1. Pembuatan café-library di lantai 2 Kampus B

Ada wacana pembangunan kafe khusus makanan kering dan minuman ringan. Tentu, tetap menjaga kebersihan di tempat makan tersebut. Tujuan pembangunan kafe ini, biar pengunjung bisa lebih santai dan menikmati suasana perpustakaan.

  1. Program penyelamatan buku-buku lama

Program penyelamatan buku-buku lama ini khusus untuk buku-buku yang terdapat di lantai 3 Gedung Kahuripan Kampus C. Literatur “tua” tersebut dipastikan bermanfaat untuk memperkaya referensi kampus.

  1. Program Revitasilasi Jaringan

Penguatan jaringan kabel dan saluran yang berkenaan dengan aspek internet dan kelistrikan perlu dibenahi agar alirannya selalu stabil. Penggantian jaringan lama yang sudah usang terus dilakukan secara bertahap.

  1. Program Pengenalan Perpustakaan ke Mahasiswa Baru

Akan ada kelas pengenalan perpustakaan selama 3 minggu bagi mahasiswa baru sejak tahun akademik 2016/2017 ini. Pendaftaran dilakukan secara online.

  1. Integrasi seluruh ruang baca di semua fakultas dan unit

Rencana ini sudah diajukan pada Badan Perencanaan dan Pengembangan (BPP) UNAIR. Dengan sistem yang terintegrasi, jumlah dan koleksi referensi akan terdigitalisasi dan terdata dengan baik. Sudah barang tentu, program ini bakal memudahkan pengunjung, baik yang datang langsung maupun secara virtual melalui www.lib.unair.ac.id. (*)

Penulis : Rio F. Rachman
Editor    : Binti Q. Masruroh

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu