Rektor Suntik Semangat dalam Latihan Presentasi dan Kunjungi ‘Basecamp’ UNAIR

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Rektor UNAIR Prof. M Nasih saat berkunjung ke Pameran Poster dan Produk UKM. Rektor berdialog dengan mahasiswa UNAIR yang mengusung PKM tentang budaya Carok” di Madura. (Foto: Istimewa)

UNAIR NEWS – Sebagai bagian dari usaha atau ikhtiar sebelum benar-benar berlaga di arena presentasi Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas), tim PKM (Program Kreativitas Mahasiswa) Universitas Airlangga (UNAIR) selalu mengasah diri dengan latihan presentasi. Dalam latihan ini para dosen pembimbing yang hadir untuk mendampingi tim PKM bimbingannya bertindak sebagai dewan yuri atau penguji. Dengan demikian jika ditemukan suatu titik kelemahan atau kekurangan, baik materi PKM dan retorika presentasi, masih ada kesempatan untuk memperbaikinya.

Demikian juga yang dilaksanakan pada keikutsertaan mahasiswa UNAIR dalam Pimnas XXIX/2016 di kampus IPB di Bogor ini. Bermalam di Padjadjaran Suites Hotel dan Arch Hotel, para peserta Pimnas dari kampus “Biru Kuning” ini berlatih di aula di hotel Padjadjaran. Silih berganti dari 21 tim PKM yang lolos “mengasah” kesiapannya di hadapan para dosbing dan sesama peserta Pimnas.

“Dari cara presentasi tadi, kamu masih agak terlihat canggung, Nak. Ada sesuatu yang kurang bisa tampil secara lebih bebas dan lepas. Coba diperbaiki ya, mumpung masih ada waktu,” demikian koreksi dari Dr. Dewi Suminar, Dra., Psi., dosen Fakultas Psikologi UNAIR.

“Dari arena semacam ini anak-anak akan lebih mengenal apa yang akan ia presentasikan. Kita harapkan ketika sudah benar-benar presentasi di kelas Pimnas mereka tidak grogi, tidak nervous. Ya istilahnya siap,” papar Ketua Kontingen Pimnas 2016 UNAIR Agus Widyantoro, SH., MH yang memimpin latihan tersebut.

Pada kesempatan tersebut Rektor UNAIR Prof. Dr. H. Mohammad Nasih, SE., MT., Ak., CMA., juga turut hadir yang memberikan motivasi semangat dan arahan kepada para mahasiswa UNAIR. Padahal pada waktu hampir tengah malam itu Rektor sebelumnya juga baru saja menghadiri upacara pembukaan Pimnas di gedung Graha Widya Wisuda, atau ACC-nya IPB.

Rektor UNAIR dan Ibu M Nasih ketika bersama-sama menikmati “nasi kotak” makan siang di “Basecamp” Tim PKM UNAIR di kampus IPB. (Foto: Istimewa)
Rektor UNAIR dan Ibu M Nasih ketika bersama-sama menikmati “nasi kotak” makan siang di “Basecamp” Tim PKM UNAIR di kampus IPB. (Foto: Istimewa)

”Dengan mengetahui sisi-sisi kekurangan dan kelemahan yang masih ada, maka kami harapkan masih ada waktu untuk memperbaiki, sehingga hasil terbaiklah yang nanti akan kalian persembahkan untuk almamater tercinta. Jangan sebaliknya menjadi tidak bersemangat,” kata Prof. M Nasih. Latihan presentasi itu bahkan selesai pada pukul 00.00 WIB.

Pada siang harinya, yaitu Selasa (9/8) Rektor didampingi Ibu Moh Nasih juga mengunjungi tempat pameran poster dan produk UKM, di hall bawah Gedung Fakultas Pertanian IPB. Disitulah setiap menjumpai poster karya mahasiswa UNAIR, Rektor selalu melakukan dialog penyemangat dengan mahasiswa yang menunggu poster tersebut. Misalnya ketika melihat poster tentang budaya “Carok” yang dipresentasikan, Rektor tampak antusias sekali mendengarkan penjelasan mahasiswa FISIP itu.

Kemudian Rektor dan beberapa dosen pembimbing berkunjung ke “Base Camp” UNAIR yang diberikan panitia Pimnas IPB di gedung dekat Fakultas Kehutanan. Karena kunjungan sudah memasuki waktu makan siang, bahkan Rektor beserta Ibu M Nasih juga larut menyatu bersama-sama mahasiswa untuk menikmati menu “nasi kotak” makan siang peserta Pimnas.

Tentu saja kehadiran pimpinan itu menambah nikmat dan semangat mahasiswa yang menyertainya santap siang menjelang presentasi PKM mulai pukul 13.00 WIB. Presentasi PKM dilangsungkan di Gedung CCR (Commond Class Room) IPB Jl. Darmaga Bogor. (*)

Penulis: Bambang Bes

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu