Ilmu Akuntansi Potensial Wujudkan Good Corporate Governance

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Prof I Made Narsa saat ditemui di ruang kerjanya pekan lalu. (Foto: UNAIR NEWS)

UNAIR NEWS – Ranah ilmu akuntansi begitu luas. Penelitian yang berbasis dibidang ini pun beragam jenisnya. Dari begitu banyak topik yang patut dijadikan riset, setidaknya ada tiga lingkup tema yang aplikatif dalam kehidupan sehari-hari. Ketiga tema tersebut yakni Green Accounting, Forensic Accounting, dan Behavioral Accounting.

Green Acoounting membahas tentang cost lingkungan yang didalamnya terdapat suatu usaha/perusahaan. Biaya yang timbul diluar akibat beroperasinya suatu usaha/perusahaan, perlu dihitung secara rinci. Salah satu gunanya yaitu menjadi parameter dalam memutuskan jumlah Corporate Social Responsibility (CSR). CSR ini diberikan pada lingkungan dan azasnya, untuk memberi timbal balik pada masyarakat sekitar.

Sementara itu, Forensic Accounting menyoroti tentang alur penghitungan keuangan dan aspek-aspek yang mengitarinya. Umumnya, dipakai saat ingin mengetahui jumlah kesalahan tata kelola atau penghitungan dalam ranah ini. Pada suatu titik, riset menyeluruh soal tema ini dapat membantu pengembangan ilmu pengetahuan yang bersinggungan dengan kriminalitas.

Sedangkan Behavioral Accounting, mengkaji soal suatu sistem akuntansi yang berpengaruh terhadap tingkah laku masyarakat di sekitarnya. Selain itu, tema ini bisa pula difokuskan pada pengaruh individu di sebuah organisasi atau struktur yang menggunakan sistem tersebut.

“Tiga tema tersebut menarik untuk dijadikan materi penelitian para mahahasiswa. Sebab, hubungannya erat dengan kehidupan sehari-hari ataupun dalam bermasyarakat,” kata Guru Besar Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) UNAIR Prof Dr I Made Narsa SE., MSi., Ak.

Ia mengatakan, penelitian aplikatif dibidang akuntansi bertujuan mewujudkan Good Corporate Governance. Sehingga yang jelas, tata kelola sebuah struktur mesti dibuat efektif, efisien, dan dapat dipertanggungjawabkan. Dengan berlandaskan falsafah “TARIF”, yakni transparan, akuntabel, responsibel (bertanggungjawab), independen, dan fair (adil dan tidak merugikan pihak manapun). (*)

Penulis : Rio F. Rachman
Editor  : Binti Q. Masruroh

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu