Dilepas Rektor, 21 Tim Pimnas UNAIR Siap Raih Prestasi

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Kontingen Universitas Airlangga untuk Pimnas Ke-29/2016 bersama pimpinan universitas, usai pelepasan secara resmi, Jumat (5/8) kemarin. (Foto: Bambang Bes)

UNAIR NEWS – Rektor Universitas Airlangga Prof. Dr. H. Mohammad Nasih, SE., MT., Ak., MCA., Jumat (58) sore, di Lantai I Gedung Rektorat Kampus C Mulyorejo Surabaya, melepas 21 Tim Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) UNAIR yang lolos untuk menuju final Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas) Ke-29, di IPB yang akan berlangsung pada tanggal 8 – 12 Agustus 2016.

Pelepasan kontingen Pimnas “Biru Kuning” ini ditandai dengan penyerahan bendera UNAIR dari Rektor kepada Ketua Kontingen Pimnas UNAIR, Agus Subiantoro, SH., M.Si. Seusai pelepasan secara resmi itu, para ketua dari 21 tim PKM, silih bergantian menandatangani “Papan Janji Prestasi”.

Pada papan tersebut tertulis sebuah janji untuk “Mempersembahkan hasil yang Terbaik untuk Almamater”. Sebanyak 21 ketua tim PKM lalu membubuhkan tandatangannya. Selain menuliskan PKM-nya, diantara mereka juga ada yang menyertainya dengan tulisan-tulisan singkat bernada harapannya. Misalnya “Medali Emas”, “Gold Medals” “Kumau Emas”, dsb.

Direktur Kemahasiswaan UNAIR Dr. M. Hadi Subhan, SH., MH., CN., menjelaskan, sebanyak 21 tim PKM tersebut merupakan yang lolos dari 167 judul PKM yang penelitiannya memperoleh dana dari Dirjen DIKTI, atau lolos dari monev eksternal. Sedangkan sebanyak 167 judul PKM tersebut merupakan yang lolos dari 1.500 proposal PKM mahasiswa UNAIR yang diajukan ke Dikti.

”Alhamdulillah dengan lolosnya 21 tim PKM ini maka ini merupakan peningkatan yang signifikan. Ini pantas untuk disyukuri, karena tim PKM pada universitas lain rata-rata justru mengalami penurunan,” kata Hadi Subhan.

Ia berharap dengan peningkatan enam tim PKM dibandingkan pada PIMNAS 2015 lalu, tahun ini UNAIR bisa meraih prestasi lebih maksimal. Catatan UNAIR NEWS, tahun lalu dengan meloloskan 14 Tim PKM di arena PIMNAS, UNAIR berada di posisi IV. Bahkan tahun 2013 dengan meloloskan 11 tim PKM, UNAIR meraih runner-up pada Pimnas ke-26 berlangsung di Universitas Mataram (Unram).

Dalam sambutan pengarahannya, Rektor UNAIR Prof. M Nasih berharap kepada mahasiswa yang berkompetisi di Pimnas ke-29 ini mampu menunjukkan jati dirinya sebagai mahasiswa yang berasal dari universitas yang unggul, sehingga dengan semangat terbaiknya pula demi almamater tercinta.

”Tunjukkan bahwa kita dari universitas yang terbaik, maka berikan pula yang terbaik kemampuan kalian. Jangan lupa juga memohon kepada Tuhan YME untuk diberikan yang terbaik pula. Artinya, kalau semua sudah disiapkan dengan yang terbaik, Insha Allah nanti pulang ke Surabaya juga dengan prestasi yang terbaik,” pesan Guru Besar Akuntansi FEB UNAIR ini.

Rektor dan segenap pimpinan UNAIR menyaksikan diantara Ketua Tim PKM menandatangani “Papan Janji Berprestasi” di Pimnas Ke-29 di IPB. (Foto: Bambang Bes)
Rektor dan segenap pimpinan UNAIR menyaksikan diantara Ketua Tim PKM menandatangani “Papan Janji Berprestasi” di Pimnas Ke-29 di IPB. (Foto: Bambang Bes)

Rektor juga berpesan agar tidak perlu memaksakan untuk menjadi juara dengan menggunakan cara-cara yang tidak baik. Karena itu kepada anggota kontingen yang masih kurang yakin atau punya masalah secara pribadi atau tim, hendaknya segera diselesaikan di Surabaya sebelum berangkat ke Bogor. Misalnya saja masih ada yang ujian, ada tugas lain, dsb.

”Untuk meraih prestasi, apakah ada diantara kalian yang masih merasa tidak yakin?,” tanya Rektor. Spontan dijawab ratusan mahasiswa Tim Pimnas UNAIR dengan berteriak secara koor: ”Yakin!”.

“Terima kasih. Insha Allah kalau segala persiapan sudah kita laksanakan sedemikian baik dan yakin, maka kita juga siap untuk menjadi juara Pimnas ke-29 ini,” tandas Rektor, membakar semangat.

Ketua kontingen Agus Subiyantoro menambahkan, sebagian kontingen Pimnas UNAIR akan menuju Bogor via penerbangan pesawat dan transit di Jakarta, pada Minggu sore. Sedangkan rombongan besar terdiri mahasiswa dan tim pendamping akan berangkat hari Senin pagi, dengan rute yang sama. Dari Jakarta, Tim UNAIR akan menggunakan bus untuk menuju IPB di Bogor.

Kemudian tradisi UNAIR, dalam menyertai setiap perhelatan Pimnas, juga dilaksanakan “Temu Alumni” untuk para alumni Universitas Airlangga yang berkarya dan mengabdi di sekitar kota tempat dilaksanakannya Pimnas. Untuk Temu Alumni di Bogor ini akan dilaksanakan pada Selasa (9/8) malam di Hotel Pajajaran, Kota Bogor. (*)

Penulis: Bambang Edy Santoso

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu