Diah Ayu Puspitarini, Juara Pencak Silat yang Jadi Wisudawan Terbaik

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Diah Ayu Puspitarini, Wisudawan terbaik sekaligus juara karate.(Foto: Istimewa)

UNAIR NEWS – Awalnya, Diah Ayu Puspitarini belum pernah mengetahui ada program studi Budidaya Perairan di Fakultas Perikanan dan Kelautan UNAIR. Meski demikian, ketidaktahuan itu tak menyurutkan niatnya untuk mengukir prestasi. Gadis kelahiran Lamongan 29 April 1994 ini berhasil menjadi wisudawan terbaik S-1 FPK dengan IPK 3,69.

Skripsinya berjudul “Identifikasi dan Prevalensi Cacing Endoparasit pada Saluran Pencernaan Ikan Kakap Merah (Lutjanus argentimaculatus) di Keramba Jaring Apung Balai Besar Perikanan Budidaya Laut Lampung” berhasil mengantarkannya pada gerbang wisuda terbaik ini.

Selain aktif menjalani perkuliahan, Diah juga aktif berorganisasi di Unit Kegiatan Mahasiswa Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) UNAIR. Ketekunannya sebagai atlet karate pernah membawanya menjadi juara II Seni Regu Putri pada The 2nd Sebelas Maret International Pencak Silat Persaudaraan SH Terate Championship 2014, serta juara I Seni Regu Putri pada kejuaraan UNEJ Cup II PSHT 2013.

“Pagi sampai sore kuliah, malamnya latihan di UKM. Ibaratnya pagi sampai sore otak bekerja dan malamnya fisik yang bekerja. Benar-benar membutuhkan tekad yang kuat. Apalagi kalau musim kejuaraan pencak silat bareng musim ujian praktikum atau UAS,” kenangnya.

Sejak 2012-2016, Diah tercatat sebagai penerima Beasiswa Unggulan CIMB NIAGA dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI. Itu sebabnya, setelah lulus ia sudah harus menjalani pekerjaan baru di Jakarta.

Tak lupa, kepada UNAIR NEWS, Diah membagi tipsnya untuk mahasiswa yang sedang menjalani studi jenjang S1. “Intinya dari semua adalah apa yang kita lakukan harus seimbang, sesuai porsinya. Kita harus tau kapan waktunya belajar, kapan beribadah, kapan waktunya bermain, dan kapan waktu lainnya. Manfaatkan waktu semaksimal mungkin dengan kegiatan sebaik mungkin,” pungkas alumni SMAN I Bluluk, Lamongan ini. (*)

Penulis : Binti Q. Masruroh
Editor: Defrina Sukma S.

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu