Pull Strategy, Kiat Perpustakaan Meningkatkan Minat Baca Mahasiswa

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Perpustakaan UNAIR makin hari makin nyaman, membuat mahasiswa betah berlama-lama di sana. (Foto: Rio)

UNAIR NEWS – Minat baca adalah keinginan, kemampuan, dan kegiatan untuk membaca. Untuk meningkatkan tiga hal tersebut di kalangan mahasiswa, perpustakaan UNAIR menerapkan pull strategy. Apa itu? Yakni, strategi untuk menarik mahasiswa datang ke perpustakaan. Baik secara fisik, maupun secara virtual ke sistem online library yang bisa diakses 24 Jam non stop di www.lib.unair.ac.id.

“Sebenarnya yang telah dan akan selalu dilakukan oleh perpustakaan bukan sekedar meningkatkan minat baca. Lebih luas dari itu, kami ingin meningkatkan literasi informasi mahasiswa,” kata Kepala Perpustakaan Prof Dr I Made Narsa, SE., M.Si., Ak.

Artinya, yang diedukasi adalah meningkatkan pemahaman mahasiswa tentang sumber, cara penelusuran, pemanfaatan, dan pengelolaan informasi.

Prof Narsa menambahkan, pull strategy diimplementasikan melalui beberapa langkah, antara lain, penggiatan aktifitas atau event di perpustakaan. Dengan cara ini, diharapkan mahasiswa tertarik untuk datang. Contoh kegiatan yang telah dilakukan adalah presentasi beasiswa oleh para awardee LPDP dan ragam kegiatan BEM, UKM, serta eksponen mahasiswa lainnya.

Perpustakaan pun fokus meningkatkan kenyamanan ruangan. Mulai dari penataan layout yang elok, penambahan AC, penataan lampu, pembenahan loker, hingga pembuatan Satria Airlangga Corner yang representatif. Termasuk, mengembalikan fungsi flash lounge menjadi ruang diskusi publik. Peningkatan fasilitas terus dilakukan. Salah satu yang terbaru adalah penambahan 41 unit komputer untuk pelayanan e-Lib.

“Kami juga melakukan roadshow ke fakultas-fakultas untuk menginformasikan resources yang ada di perpustakaan,” tambah guru besar Fakutas Ekonomi dan Bisnis (FEB) UNAIR ini.

Display buku baru yang menarik dan dirotasi secara berkala, diyakini mampu membuat perpustakaan lebih dinamis. Yang tak kalah menarik, laman perpustakaan menyajikan resensi buku baru yang ditulis oleh para pustakawan. Dengan cara ini, mereka yang melihat website akan penasaran dan tertarik membacanya secara lengkap

“Ada pula program tanda cinta. Maksudnya, perpustakaan akan membelikan buku sesuai permintaan mahasiswa. Tentu saja, buku-buku yang diinginkan harus diusulkan berdasarkan pertimbangan objektif. Kalau memang bagus, pasti kami beli. Sebagai tanda cinta kami pada mahasiswa yang suka membaca,” ujar dia. (*)

Penulis : Rio F. Rachman
Editor    : Binti Q. Masruroh

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu