Resmi Dilantik, 107 Ners Baru Siap Hadapi Tantangan MEA

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Suasana saat salah satu perwakilan wisudawan Ners yang dilantik memberikan cinderamata kepada tamu undangan sebagai salah satu ceremonial dalam upacara pelantikan Ners yang dilaksanakan di Garuda Mukti (2/8). (Foto: Alifian Sukma)

UNAIR NEWS – Sebanyak 107 wisudawan Program Pendidikan Ners Fakultas Keperawatan (FKp) UNAIR, resmi dilantik oleh Rektor UNAIR yang diwakili oleh Wakil Rektor II, Dr. Muhammad Madyan, S.E., M.Si., M.Fin. Acara yang dihelat di Aula Garuda Mukti Gedung Manajemen lantai 5 pada Selasa (2/8), tersebut merupakan yang kedua kalinya ditahun 2016, setelah pelantikan ners periode I yang dihelat pada 1 Maret lalu.

Selain para orang tua pendamping wisudawan, pelantikan tersebut juga dihadiri oleh Prof. Dr. Nursalam, M.Nurs (Hons) selaku Dekan FKp UNAIR, Prof. Dr. Nasronudin, dr., Sp.PD-KPTI selaku Direktur Rumah Sakit UNAIR, dr. Anang Indaryanto selaku Kepala Bidang Diklat RSUD dr. Soetomo, dan juga para stakeholder yang telah menjalin kerjasama dengan UNAIR, terutama dalam bidang keperawatan.

Mengenai peran profesi keperawatan dalam era MEA (Masyarakat Ekonomi Asean), Prof. Nursalam mengatakan, para ners baru yang dilantik harus memiliki tiga prinsip, yaitu self reform guna mereformasi diri sendiri untuk menjadi lebih baik, interconnecting guna membangun jejaring dengan stakeholder.

“Dan yang ketiga adalah spirit fighting, jadi adik-adik jangan mudah menyerah,” ujarnya memberikan wejangan dihadapan para wisudawan.

Prof. Nursalam juga mengungkapkan bahwa FKp UNAIR telah terakreditasi A, dan hal tersebut juga menjadikan fakultas yang ‘didirikan’ pada tahun 1999 tersebut sebagai fakultas bidang keperawatan terbaik se-Indonesia Timur.

“Walaupun kita masih muda (umur fakultas 17 tahun, red), tapi kita bisa menjadi yang terbaik di Indonesia bagian timur dalam bidang keperawatan, jadi bapak ibu pantas bersyukur putra-putrinya telah lulus dari salah satu pendidikan terbaik,” ungkapnya disambut tepuktangan hadirin.

Dalam kesempatan tersebut, Warek II UNAIR, Dr. M. Madyan berpesan kepada para ners yang baru dilantik, agar senantiasa menanamkan sikap ikhlas dalam individu masing-masing. Pasalnya, profesi keperawatan memiliki tuntutan untuk melayani pasien dirumah sakit selama 24 jam.

“Profesi keperawatan adalah posisi sentral, karena harus melayani keluhan pasien dalam 24 jam, jadi kualitas pelayan sebuah rumah sakit tercermin dari kualitas pelayanan dari perawatnya. Maka dari itu, tanamkan pada diri kalian sikap ikhlas, terutama ikhlas dalam melayani,” ujarnya.

“Saya ucapkan selamat kepada para wisudawan yang telah dilantik. Buktikan bahwa anda merupakan lulusan UNAIR dengan kinerja yang bagus dan performa terbaik kalian,” imbuhnya mengakhiri.(*)

Penulis : Dilan Salsabila
Editor : Nuri Hermawan

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu