UKM KSR PMI Borong Tiga Piala pada Ajang Kompetisi Palang Merah Nasional

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Delegasi KSR Universitas Airlangga saat menerima piala penghargaan. (Foto: Istimewa)

UNAIR NEWS – Sebanyak dua tim yang terdiri dari 8 personel delegasi Unit Kegiatan Mahasiswa Korps Sukarela (KSR) Palang Merah Indonesia (PMI) Universitas Airlangga memborong piala pada ajang National Voluntary Red Cross Competition (NVRCC). NVRCC merupakan kompetisi tingkat nasional yang dilaksanakan oleh KSR PMI Unit, Universitas Negeri Semarang (UNNES). Kompetisi tingkat nasional tersebut berlangsung sejak 23-27 Juli, di Kampung Budaya, UNNES.

Sebanyak 24 tim dari berbagai perguruan tinggi se-Indonesia turut meramaikan NVRCC yang ditutup pada 27 Juli. Diantara perguruan tinggi yang ikut berpartisipasi yaitu Universitas Airlangga, Universitas Diponegoro, Poltekkes Semarang, Universitas Negeri Jakarta, Universitas Negeri Yogyakarta, Universitas Negeri Jember, Universitas Muhammadiyah Jakarta, Universitas Pendidikan Indonesia, Universitas Syah Kualah Aceh, dan STMIK PPKIA Tarakanita Rahmawati Tarakan.

Banyak kategori yang dilombakan pada event NVRCC, diantaranya lomba Cerdas Tangkas, Pemetaan, Design WASH (Water and Sanitation Hygiene), dan Pertolongan Pertama dan Orienteering Challenge. Keseluruhan lomba ini dilaksanakan secara sportif oleh semua peserta. Lewat ajang ini, UKM KSR PMI berhasil memborong tiga piala. Ketiga piala tersebut yaitu Juara 2 lomba Pertolongan Pertama, Juara 2 Orienteering Challenge, dan Juara 3 Program Pengurangan Risiko Bencana.

“Selain Juara 2 lomba Pertolongan Pertama, Juara 2 Orienteering Challenge, dan Juara 3 Program Pengurangan Risiko Bencana, sebenarnya kami juga berkesempatan masuk kedalam final  pada lomba Cerdas Tangkas. Tapi pada akhirnya kami hanya menempati nomor urut 8 dan 9 saja pada kategori ini,” kata Noval Salim, Ketua UKM KSR PMI UNAIR.

Menurut Noval, tak sedikit persiapan yang dilakukan para delegasi UNAIR. Seminggu sebelum kompetisi, mereka melakukan latihan secara intensif dengan berbagai pihak, baik internal maupun eksternal UKM. Diantaranya, intensif latihan bersama PMI Kota Surabaya dan UKM Resimen Mahasiswa.

“Seminggu sebelum acara berlangsung, tim kami melakukan intensif latihan. Persiapan kami ini tentunya tidak hanya berjalan sendiri. PMI Kota Surabaya turut membantu memberikan pembinaan terkait Vulnerability Capacity Assessment (VCA) serta Design WASH. UKM Resimen Mahasiswa turut membantu pemahaman materi navigasi darat untuk kategori lomba Orientering Challenge,” tambahnya.

Ketercapaian dalam meraih juara nasional ini menjadi kebanggaan tersendiri bagi kontingen. Sebelumnya, kontingen ini pernah menjadi juara 3 pada lomba Evakuasi di SRCC pada perigatan hari AIDS Sedunia tahun 2015.

“Ini kali pertama UKM KSR PMI mendapatkan juara nasional. Rata-rata juara yang diperoleh UKM ini hanya sebatas regional saja. Setelah perolehan prestasi ini, semoga UKM KSR PMI UNAIR bisa berpartisipasi lebih dalam menorehkan prestasi pada almamater tercinta,” terang Dwi Ratna Paramitha, peserta yang mengikuti kompetisi . (*)

Penulis : Disih Sugianti
Editor    : Binti Q. Masruroh

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu