Motivasi Masuk Kuliah dengan Kunjungan

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Siswi-siswi SMAN 1 Bogor berdiskusi untuk mengajukan pertanyaan pada pemateri kunjungan, (29/7) (Foto: Alifian Sukma)

UNAIR NEWS – Meski masa pendaftaran mahasiswa baru telah berakhir, namun sekolah menengah tingkat atas terus mendorong siswa-siswinya, terlebih untuk mempersiapkan pendidikan jenjang perguruan tinggi. Kali ini, sebanyak 130 siswa dan guru pendamping dari SMAN 1 Bogor, melakukan kunjungan ke Universitas Airlangga, pada Jumat (29/7).

Kunjungan diterima langsung oleh Pusat Informasi dan Humas (PIH) UNAIR, di Aula Kahuripan 300, Kantor Manajemen UNAIR. Dalam sambutannya, Basuki Rachmat, S.Pd selaku Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan mengatakan, tujuan dari kunjungan tersebut adalah untuk memperkenalkan lingkungan dan iklim akademik UNAIR kepada siswa-siswi yang baru saja duduk di bangku kelas XII.

“Tujuan utamanya supaya mereka (para siswa, -red) yang mau kuliah di UNAIR, kita fasilitasi dengan adanya kunjungan ini,” ujar Basuki.

Basuki mengatakan, pada tahun lalu 97% lulusan dari SMAN 1 Bogor diterima diberbagai perguruan tinggi baik dalam maupun luar negeri. Namun, hanya sedikit sekali siswa-siswinya yang diterima di UNAIR. Dengan adanya kunjungan ini, Basuki berharap semakin banyak siswa-siswinya yang mendaftar di UNAIR, sehingga banyak peluang untuk bisa diterima di UNAIR.

“Dengan adanya kunjungan ini kami berharap lebih banyak dari anak-anak kami yang bisa kuliah di UNAIR,” ujarnya.

Siswa-siswi juga terlihat aktif bertanya pada sesi tanya jawab setelah pemberian materi dari PIH dan Pusat Penerimaan Mahasiswa Baru (PPMB). Salah satu siswa kelas XII IPA, Clarissa Kanaya, mengungkapkan keinginannya untuk bisa masuk UNAIR mengambil Program Studi Pendidikan Dokter dengan mengambil kelas internasional.

“Maunya kedokteran ambil kelas internasional. Saya suka banget menolong dan tentang dunia pengobatan. Ekskulnya juga ngedukung, PMR. Kan, namanya dokter ada pengabdian untuk ke daerah-daerah. Saya ingin seperti itu. Pingin ngambil yang standartnya tinggi dengan ikut kelas internasional. Kan, kalau standartnya internasional mungkin nanti kalau ingin ngambil spesialis di luar negeri bisa dipriotitaskan,” ujar Clarissa. (*)

Penulis : Binti Q. Masruroh
Editor    : Nuri Hermawan

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu