Ilustrasi readingtree.org
ShareShare on Facebook9Tweet about this on Twitter0Email this to someone
image_pdfimage_print

Pemerintah Dorong 11 PT Jadi Universitas Kelas Dunia

Sebanyak 11 perguruan tinggi Indonesia didorong menjadi universitas berkelas dunia. Perguruan tinggi tersebut meliputi UGM, UI, ITB, Unpad, Undip, IPB, Unair, ITS, Unhas, USU, dan UPI. Meski begitu, hingga 2019, Kemenristekdikti hanya menargetkan lima perguruan tinggi sudah masuk dalam kategori universitas kelas dunia. Perbaikan manajemen dan kepemimpinan merupakan prasyarat utama menuju pendidikan kelas dunia. Apabila sukses, kesebelas perguruan tinggi nantinya akan menjadi rujukan dalam model pengembangan perguruan lain di Indonesia. Meskipun demikian, perbaikan kualitas pendidikan dan pengajaran dapat dilakukan melalui evaluasi secara berkelanjutan.

Republika, 27 Juli 2016 halaman 5

Setelah Sudirman dan Jonan tidak Ada

Setelah beberapa kali tertunda, Presiden Joko Widodo akhirnya merombak kembali jajaran kabinetnya untuk kali kedua kemarin (27/7). Dia mengeluarkan delapan menterinya dan merotasi empat menteri lainnya plus satu kepala lembaga. Satu diantaranya adalah Menteri Pendidikan yang sebelumnya Anies Baswedan, kini dijabat oleh Muhadjir Effendy, mantan rektor Universitas Muhammadiyah Malang. Muhadjir sendiri tercatat berhasil menyelesaikan doktoralnya di Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Airlangga pada tahun 2008. Selain Muhadjir, tercatat lulusan Magister Sains Universitas Airlangga, Asman Abnur yang menjabat sebagai Menteri PAN-RB.

Jawa Pos, 28 Juli 2016 halaman 1
Surya, 28 Juli 2016 halaman 1
Kompas, 28 Juli 2016 halaman 5

20 Tim PKM Unair Berlaga

Sebanyak 20 tim program kreativitas mahasiswa Unair bakal berlaga di ajang Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) ke-29. Mereka akan berkompetisi dengan ratusan PKM dari berbagai perguruan tinggi di Institut Pertanian Bogor (IPB). Direktur Kemahasiswaan Unair, Hadi Subhan menuturkan bahwa 20 PKM Unair yang lolos di PIMNAS adalah empat proposal PKM kewirausahaan, empat PKM karsa cipta, tiga PKM pengabdian masyarakat, enam PKM penelitian eksakta, dua PKM penelitian sosial humaniora, dan satu PKM teknologi. Dia juga menuturkan, jumlah PKM yang lolos tahun ini meningkat tajam dari tahun lalu.

Jawa Pos, 28 Juli 2016 halaman 26

Tulang Rapuh Bukan Hanya Osteoporosis

Banyak faktor yang mempengaruhi kerangka tubuh manusia. Selain kalsium, masih ada pengaruh faktor genetic, nutrisi, exercise, dan pola hidup. Salah satu permasalahan tulang karena faktor genetik adalah osteogenesis imperfect (OI). Kelainan tersebut cukup langka. Menurut dosen Fakultas Kedokteran Unair, dr. Sulis Bayusentono Sp.OT menuturkan bisa menerima empat hingga enam kasus setahun. Pada OI, penderitanya mudah mengalami patah tulang. Kondisi tersebut tidak ada hubungannya dengan osteoporosis, tapi justru berhubungan dengan kolagen 1 pada penderita OI yang mengalami mutasi. Yang memprihatinkan, pasien yang dibawa ke spesialis ortopedi sudah mengalami patah tulang lebih dari sekali. Solusinya, pola hidup yang baik harus dijalankan sejak usia muda dan ditambahkan dengan onsumsi kalsium yang cukup.

Jawa Pos, 28 Juli 2016 halaman 36

Penulis: Afifah Nurrosyidah
Editor: Nuri Hermawan

ShareShare on Facebook9Tweet about this on Twitter0Email this to someone