Perwakilan dari mahasiswa FKH yang mengikuti Pengabdian Masyarakat (Pengmas) yang dilaksanakan di 4 kecamatan di Kabupaten Kediri, yakni Kecamatan Kepu, Kecamatan Puncu, dan Kecamatan Kandangan. (Foto: Yudira)
ShareShare on Facebook0Tweet about this on Twitter0Email this to someone
image_pdfimage_print

Radio UNAIR – Pengabdian Masyarakat (Pengmas) yang dilaksanakan oleh Mahasiswa Fakultas Kedokteran Hewan (FKH) Universitas Airlangga, merupakan kegiatan yang digagas dari BEM FKH UNAIR melalui departemen sosial masyarakat tiap tahunnya. Kegiatan ini dilaksanakana di 4 kecamatan di Kabupaten Kediri, yakni Kecamatan Kepu, Kecamatan Puncu, dan Kecamatan Kandangan. Dipilihnya tempat-tempat tersebut karena ketiganya merupakan kecamatan yang memiliki potensi peternakan.

“Ada tiga kecamatan yang kami pilih untuk agenda pengmas kali ini, kami memilih tempat-tempat tersebut karena peternakannya menyebar dan hampir sebagian besar penduduknya beternak,” ucap tuti yang merupakan salah satu panitia pengmas.

Sebanyak 300 mahasiswa diturunkan dalam kegiatan pengmas tersebut, sebelum diberangkatkan peserta akan diberi pembekalan di fakultas pada tanggal 26-28 juli 2016. Tim pengmas sendiri akan diterjunkan mulai tanggal 29 Juli hingga 7 Agustus 2016. Selama penerjunan mahasiswa akan melakukan beberapa agenda kegiatan. Ragam kegiatan akan ditujukan kepada para peternak hewan besar yang memiliki beberapa kasus seperti diare, cacingan, dan penanganan pada saat melahirkan. Tiap kelompok akan membagi materi mereka dalam bentuk penyuluhan dan praktik penanganan kasus-kasus yang mereka temui, dalam penerjunan ini mereka didampingi oleh dosen yang berkompetensi dibidangnya.

Ada yang menarik dari pengmas kali ini, selain dari mahasiswa FKH UNAIR, acara tersebut juga diikuti oleh perwakilan mahasiswa FKH yang ada di seluruh Indonesia. Selain itu ada 5 mahasiswa dari Korea Selatan yang juga mengikuti kegiatan tersebut. Sebagai pemungkas acara yang akan dilaksanakan pada tanggal 7 Agustus 2016, tim pengmas mengadakan acara “PET CARE” yaitu acara pemeriksaan hewan peliharaan gratis di terminal Simpang Lima Gumul – Kediri yang ditujukan kepada seluruh masyarakat Kediri. (*)

Penulis : Yudira Pasada Lubis
Editor  : Nuri Hermawan

ShareShare on Facebook0Tweet about this on Twitter0Email this to someone