Rangkuman Berita UNAIR di Media (23 sd 25/7)

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Ilustrasi clipartpanda.com

Perdopin Bentuk Seribu Relawan

Akta notaris pembentukan Perkumpulan Dokter Paliatif Indonesia (Perdopin) Sabtu, (23/7) ditandatangani. Ada tiga pekerjaan rumah, diantaranya membentuk 1.000 relawan paliatif, pembentukan prodi, dan persiapan kongres Asia-Pasifik. Perdopin berkomitmen mengawal terbentuknya 1.000 relawan paliatif itu. Rencananya, peresmian berlangsung pada ulang tahun ke-25 Masyarakat Paliatif Indonesia (MPI) pada Februari 2017. Kepala Instalasi Paliatif dan Bebas Nyeri RSUD dr. Soetomo, dr. Agus Ali Fauzi, PGD., Pall., Med., yang merupakan dosen Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga mengungkapkan, selama ini poli paliatif memang dibantu relawan yang rata-rata usianya lebih dari 40 tahun. Dengan adanya program seribu relawan, diharapkan pasien terbantu dan termotivasi.

Jawa Pos, 24 Juli 2016 halaman 32

Dirawat Empat Bulan, Istri Prof Fasich Berpulang

Keluarga besar Universitas Airlangga berduka. Mughnijah, istri mantan Rektor UNAIR, Prof. Fasichul Lisan berpulang (22/7). Sebelumnya, almarhum sempat dirawat di Rumah Sakit Universitas Airlangga akibat penyakit jantung yang dideritanya. Sebelum dimakamkan, jenazah disemayamkan di Aula Dharmawangsa, RSUA. Jenazah Mughnijah disholatkan di Masjid Ulul Azmi, Kampus C UNAIR dan dimakamkan di pemakaman keluarga di Sepanjang, Sidoarjo. Ribuan akademisi UNAIR dan warga yang menyalatkan jenazah dipimpin langsung oleh mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Prof. Muhammad Nuh.

Jawa Pos, 23 Juli 2016 halaman 29, Sindo, 23 Juli 2016 halaman 13 dan 14

Gendang Telinga Tiruan Lolos Uji Serap Suara

Cukup banyak pasien gangguan pendengaran. Jenis yang dialami pun beragam, salah satunya ruptur atau robekan pada membran timpani (Gendang telinga). Kerusakan membran timpani dapat mengakibatkan ketulian. Hal ini yang melatarbelakangi Rara Setya Angtika, Ditya Hanif Kharisma, Brillyana Githanadi, Tarikh Omar Asyraf, dan Adita Wardani Rahmania menciptakan inovasi membran timpani artifisial (lapisan tengah tiruan). Mereka dibimbing oleh Prihartini Widiyanti,  drg., Mkes. Rara dan tim telah melakukan serangkaian uji coba pada eksperimen tersebut, beberapa diantaranya uji fourier transform infrared (FTIR) untuk menetukan kualitas sampel hingga uji koefisien serap suara. Uji koefisien didapati bahwa sampel mampu menyerap suara pada range frekuensi yang bisa didengar manusia. Artinya, sampel layak digunakan sebagai membran timpani artifisial.

Jawa Pos, 23 Juli 2016 halaman 32

Diwarnai Peserta Nyasar Lokasi Ujian

Tes Penerimaan mahasiswa Baru Universitas Airlangga jalur mandiri berlangsung lancar Minggu, (24/7). Tidak ada insiden yang berarti, termasuk nihil laporan praktik perjokian. Persoalan yang muncul hanya disebabkan peserta yang minim mengakses informasi seputar ujian. Akibatnya, ada beberapa peserta ujian yang nyasar saat mencari lokasi ujian. Praktis, hal ini mengurangi waktu mereka dalam mengerjakan soal-soal ujian. Tahun ini, jumlah peminat jalur mandiri UNAIR mencapai 10.941 orang. Perinciannya, 5.443 pendaftar prodi IPA dan 5.498 pendaftar prodi IPS. Padahal, kuota jalur mandiri UNAIR hanya 1.840 kursi.

Jawa Pos, 25 Juli 2016 halaman 28

Kalau Capek Tandanya Tinggal Nyenggol, Lalu Gantian

Ada dua sosok perempuan dibalik penerjemah atau translator bahasa dalam kegiatan ‘City Mayor Forum’. Farah Andita Ramdani dan Octrina Nanda Lamtiur,  secara seksama selama tiga jam menyampaikan informasi dalam dua bahasa, yakni bahasa indonesia dan inggris. Bagi Farah yang merupakan lulusan Sastra Inggris, Universitas Airlangga, mengaku tidak ada persiapan khusus. Ia mengaku pekerjaan ini menjadi lebih ringan karena dilakukan oleh dua orang. Pembagian jobnya juga menjadi lebih jelas, dimana Octa fokus pada tamu delegasi dan Farah fokus pada Pemkot.

Surya, 25 Juli 2016 halaman 13 dan 16

Penulis : Afifah Nurrosyidah
Editor : Dilan Salsabila

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu