S3 Ilmu-Ilmu Sosial, Satu Pintu Masuk, Banyak Pintu Keluar

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Ilustrasi Pascsarjana

UNAIR NEWS – Ada konsep yang menarik yang dituangkan Dekan FISIP Dr. Falih Suaedi, Drs., M.Si. dalam mengelola program studi S-3 Ilmu-ilmu Sosial. Melalui Surat Keputusan Dekan, dia menerapkan paradigma “satu pintu masuk, banyak pintu keluar”. Maksudnya, untuk bisa mengenyam S-3 di FISIP, semua mahasiswa dapat masuk melalui satu program studi. Namun, di dalamnya akan ada banyak konsentrasi atau peminatan.

Peminatan yang dimaksud, mulai tahun akademik 2016/2017 ini, berjumlah empat yakni, Administrasi Publik, Media dan Komunikasi, Ilmu Politik, dan Ilmu Antropologi. Dalam waktu dekat, bukan mustahil akan ada peminatan baru. Misalnya, bidang Hubungan Internasional.

“Dengan model seperti ini, efisiensi bisa dilakukan,” ujar pria asal Bojonegoro tersebut.

Di samping itu, semua mahasiswa yang berbeda keilmuan, bisa saling sapa atau saling mengenal di semester-semeter awal perkuliahan. Mereka juga dapat menimba ilmu dari beragam perspektif. Jadi, wawasan bisa semakin luas. Dengan demikian, doktor-doktor lulusan FISIP akan lebih berkualitas.

“Dinamika satu disiplin ilmu selalu bergerak. Saat ini, satu disiplin ilmu, menuntut banyak solusi yang bukan mustahil berasal dari disiplin ilmu yang lain. Makanya, FISIP selalu berupaya memahamkan para mahasiswa untuk tidak eksklusif,” papar dia.

Pada bagian lain, pemecahan konsentrasi atau peminatan ini juga dapat mempermudah dari aspek marketing. Bila tidak ada peminatan, para calon mahasiswa akan bertanya-tanya, apa yang akan didapat dari sekolah S3 di FISIP? Nah, dengan adanya peminatan, pertanyaan itu bisa terjawab.

Dulu, mereka yang lulusan S-2 di bidang komunikasi, mungkin bimbang untuk melanjutkan S-3 di FISIP. Begitu pula, para jebolan magister antropologi, administrasi negara, dan ilmu politik. Dengan adanya peminatan yang jelas, mereka bakal lebih yakin untuk melanjutkan studi di FISIP UNAIR.

“Alhamdulillah, prodi S-3 di FISIP juga sudah terakreditasi A. Jadi, mutunya telah terjamin dan sangat baik,” terang Falih.  (*)

Penulis: Rio F. Rachman
Editor: Defrina Sukma S.

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu