PPKK Bekali Mahasiswa Workshop Persiapan Masuki Dunia Kerja

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Suasana Workshop Mempersiapkan Diri Memasuki Dunia Kerja PPKK UNIAR (Foto: Istimewa)

UNAIR NEWS – Roadshow “Seminar Mempersiapkan Diri Memasuki Dunia Kerja” oleh Pusat Pengembangan Karir dan Kewirausahaan Universitas Airlangga (PPKK) UNAIR kembali digelar. Setelah sebelumnya diadakan di beberapa fakultas di lingkungan UNAIR, kini giliran Fakultas Kedokteran Hewan (FKH) menjadi tuan rumah. Seminar yang diadakan sebagai bentuk pembekalan bagi mahasiswa sebelum memasuki dunia kerja tersebut berlangsung pada hari Rabu dan Kamis (13-14/07) di ruang kuliah 3B FKH.

Seminar yang berisi serangkaian materi tersebut dikemas dalam dua hari. Pada hari pertama diawali dengan materi tentang mindset entrepreneur oleh ketua PPKK Dr. Elly Munadziroh. Kemudian dilanjutkan dengan materi tentang kewirausahaan oleh Dr. Tri Siwi Agustina selaku Koordinator Bidang Pengembangan Kewirausahaan PPKK. Selanjutnya peserta juga diberi materi tentang strategi menghadapi Assesmen oleh Dr. Hamidah yang juga menjabat sebagai Koordinator Bidang Pelatihan dan Konsultasi PPKK yang juga berprofesi sebagai psikolog. Peserta juga diajak melakukan role play assesmen. Praktek langsung tentang tes assesmen disambut antusias oleh peserta. Antusiasme dari peserta untuk mengetahui potensi dirinya sejak dini sebelum menentukan karir impian ataupun tempat tujuan melamar pekerjaaan menjadi penutup seminar di hari pertama.

Di hari kedua, dilanjutkan dengan materi  tentang bagaimana menulis Curriculum Vitae (CV) dan surat lamaran yang efektif oleh Dr. Epy Muhammad Luqman yang juga sekretaris PPKK Unair. Dalam melamar pekerjaan, CV maupun surat lamaran tentu menjadi penentu awal lolos tidaknya ke tahapan selanjutnya. Maka penting untuk memperhatikan bagaimana membuat CV yang tidak hanya menarik tapi juga efektif, sebagaimana disampaikan Epy pada peserta. Selanjutnya, peserta dimotivasi oleh Drh. Sugeng Pudjiono yang juga Direktur PT.ISSU Medika Veteriner. Sugeng yang juga alumni FKH Unair tahun 1988 saat ini juga mengelola beberapa usaha lain, seperti Kopi Luwak Cikole juga cafe dan resto KLC di Bandung. Materi tentang “Dari Intrapreneur ke Entrepreneur” oleh Sugeng, sekaligus membuka wawasan peserta tentang dunia entrepreneur yang digeluti oleh Sugeng, yang sebelumnya pernah bekerja sebagai General Manager di PT.Sanbe Farma dan Caprifarmindo Labs.

“Lulusan UNAIR harus punya jiwa entrepreneurship. Karena dengan itu, kita akan belajar mengatasi masalah, menciptakan peluang dan belajar untuk menjadi berbeda. Selain itu juga akan membuat kita lebih punya nilai,”ujar Sugeng.

Setelah belajar tentang dunia entrepreneur, peserta kembali dibekali tentang cara menembus wawancara secara efektif. Seleksi wawancara seringkali menjadi penentu akhir pada proses seleksi, maka perlu adanya strategi yang tepat dan efektif. Materi ini disampaikan langsung oleh Ninil Indrasari, selaku Section Head Human Capital JNE cabag Surabaya. Dan seminar ditutup dengan materi terakhir tentang recruitmen online oleh Badrus Zaman,S.Kom,MCs selaku koordinaor pengembangan karir berbasis ilmu teknologi PPKK. (*)

Penulis: Oki Putri Rahayu
Editor: Nuri Hermawan

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu