Kerjasama BEM UNAIR dan Dishub Jatim Fasilitasi Mudik Gratis

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Inilah kerjasama BEM KM UNAIR dengan Dishub Jatim dalam kegiatan mudik bersama mahasiswa, di kampus C UNAIR. (Foto: UNAIR NEWS)

UNAIR NEWS – Sebagai bentuk perhatian dengan kebutuhan para pemudik menjelang lebaran, Kementerian Pengabdian Masyarakat, Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Univeresitas Airlangga memberi fasilitas mudik gratis. Kegiatan ini merupakan kerjasama BEM UNAIR dengan Dinas Perhubungan (Dishub) dan Dinas Lalu Lintas Angkutan Jalan (DLLAJ), Provinsi Jawa Timur.

Upacara pelepasan pemudik dilakukan di hall Kantor Manajemen UNAIR, Sabtu (2/7), dan dihadiri tak kurang 344 pemudik. Hadir pula dalam pelepasan ini Kurniawan Hary, ST, MM, Kepala Bidang Pengembangan Transportasi Dinas Perhubungan DLLAJ Provinsi Jawa Timur, dan Pulung Siswantara perwakilan dari Direktorat Kemahasiswaan UNAIR.

“Hari Raya Iedul Fitri yang dirayakan setiap satu tahun sekali merupakan momentum masyarakat untuk pulang ke kampung halaman. Karena kami memikirkan bahwa mayoritas mahasiswa juga berasal dari luar Kota Surabaya. Maka dari itu, kami dan rektorat berusaha untuk memfasilitasi hal ini,” ujar Fardhan Setyo alamsyah, Menteri Pengabdian Masyarakat BEM UNAIR

Fasilitas mudik gratis ini bukan hanya untuk mahasiswa namun juga terbuka untuk umum. BEM UNAIR menyediakan 344 kursi untuk semua jalur Sejumlah delapan bus diberangkatkan dengan trayek kota/kabupaten di Jawa Timur. Hingga keberangkatan mudik, sejumlah 220 kursi diisi oleh mahasiswa UNAIR, dan 124 kursi diisi masyarakat umum.

“Total armada delapan bus, dengan enam rute tujuan. Dua rute dengan armada dobel, yaitu rute (Surabaya – Kertosono – Kediri – Tulungagung – Trenggalek) dan (Surabaya – Jombang – Nganjuk – Madiun – Ponorogo),” tambah Fardhan.

Kepala Bidang Pengembangan dan Transportasi Dishub LLAJ Kurniawan Harry mengatakan, kerjasama pemberian fasilitas mudik gratis ini telah lama dijalin antara UNAIR dengan Dishub Jawa Timur. Dikatakan, tahun ini untuk memenuhi kebutuhan para pemudik pulang ke kampung halaman Dishub Jawa Timur menyediakan armada transportasi gratis menyambut dan dan pasca lebaran.

“Ada 510 bus yang melayani mudik gratis di Jawa Timur, baik mudik maupun balik,” ujar Harry. Fasilitas armada tersebut bukan hanya bus, melainkan armada transportasi kereta api.

Tahun 2016 ini merupakan tahun keempat pemberian fasilitas mudik gratis yang diberikan untuk mahasiswa maupun masyarakat. Sebelumnya, mudik gratis ditangani oleh Unit Kegiatan Mahasiswa Kerohanian Islam (UKMKI) UNAIR. (*)

Penulis : Binti Q. Masruroh
Editor: Bambang Bes

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu