Rangkuman Berita UNAIR di Media (25-27/6)

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Ilustrasi old.stboston.com

Dosen Unair Komisaris Bank Jatim

Hadi Sukrianto, Komisaris Bank Jatim mengundurkan diri dari jabatannya. Posisinya kini digantikan oleh Rudi Purwono, akademisi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga. Komisaris Independen Bank Jatim Rudi Purwono menyatakan, dirinya bergabung dengan Bank Jatim merupakan bagian dari integrasi keputusan direksi dan komisaris. Rudi berjanji akan menjalankan amanah ini dengan baik, dan juga akan mendorong Bank Jatim terus bisa tumbuh disaat melambatnya perekonomian nasional saat ini. Saat ini, selain Rudi berprofesi sebagai akademisi di Fakultas Ekonomi Unair, ia juga dipercaya sebagai Staf Ahli Menteri Keuangan RI.

Surya, 25 Juni 2016 halaman 2

Emisi Suara Lebih Rendah, Pasien Tidak Gelisah

Bantuan teknologi dalam dunia medis memberikan pengaruh signifikan terhadap akurasi dan kecepatan diagnosis. Salah satu yang umum digunakan untuk membaca kelainan dalam tubuh adalah MRI (magnetic resonance imaging). Konsultan Radiologi National Hospital Surabaya yang merupakan alumni UNAIR, dr. Paulus Rahardjo SpRad(K) menjelaskan bahwa, pemanfaatan magnet ini menimbulkan efek suara ketukan keras selama proses MRI seperti sedang berada di dekat kereta api yang melintas atau sebesar 108 dB sehingga mengakibatkan banyak pasien yang cemas dan gelisah. Apa yang dirasakan pasien menjadikan National Hospital Surabaya memiliki satu-satunya teknologi silent scan MRI 3T di Indonesia yang didatangkan langsug dari Amerika Serikat. Penggunaan silen scan MRI 3T menjadi solusi bagi beberapa masalah yang sebelumnya timbul pada penggunaan MRI konvensional. Diantaranya, pasien gelisah karena mendenggar suara ketukan keras, kualitas gambar menurun karena pasien merasa cemas dan mudah bergerak, serta waswas tidak dapat mendengar instruksi radiografer.

Jawa Pos, 25 Juni 2016 halaman 5

Citra-Neyza Hanya Memiliki Satu Jantung

Kembar siam asal Kediri, Citra dan Neyza yang kini berusia 35 bulan menjalani pemeriksaan intensif di RSUD dr. Soetomo. Ketua Tim Pusa Pelayanan Kembar Siam Terpadu RSUD dr. Soetomo yang merupakan alumni FK UNAIR, dr Agus Harianto SpAK mengatakan, setelah dilkaukan pemeriksaan Citra dan Neyza hanya memiliki satu jantung. Karena hanya memiliki satu jantung, Citra dan Neyza tidak dapat dipisahkan. Selain jantung, liver keduanya juga menyatu, sehingga jika dipisahkan akan beresiko. Agus juga menjelaskan, meski tidak bisa dipisahkan, pihaknya akan berusaha mempertahankan kondisi keduanya agar tetap stabil.

Radar, 26 Juni 2016 halaman 3

Jawa Pos, 26 Juni 2016 halaman 11 dan 12

UMM-UNAIR Siapkan Profesi Apoteker

Program Studi Pendidikan Apoteker Universitas Airlangga dan Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) kembali bekerja sama untuk memperbaharui kerja sama yang telah berlangsung 10 tahun, dengan refreshing course bagi dosen. Kerja sama ini ditandai dengan penandatanganan memorandum of understanding (MoU) di Ruang Sidang Fakultas Farmasi UNAIR. Upaya kerjasama ini sebagai persiapan prodi Profesi Apoteker yang akan dibuka di Fakultas Ilmu Kesehatan (FIKES) UMM.

Sindo, 26 Juni 2016 halaman 15

Seleksi Calon Promotor

Program magister menuju doktor sarjana unggul (PMDSU) batch III mulai dibuka. Kemenristekdikti telah melayangkan permintaan pendaftar, baik calon promotor maupun mahasiswa, setiap PTN sejak awal Juni. Di Surabaya, dua PTN terpilih untuk menyelenggrakan program tersebut, yakni Institur Sepuluh November (ITS) dan Universitas Airlangga (UNAIR). Pendaftar calon promotor tahun ini diprediksi menurun dibandingkan tahun lalu. Sebab, kemenristekdikti memberlakukan persyaratan yang semakin ketat. Salah satunya wajib menyertakan jurnal ilmiah yang telah terindeks scopus. Sementara itu, hingga kini di UNAIR masih dalam pendataan. Direktur Pendidikan UNAIR Ni Nyoman Tri Puspaningsih menuturkan, pihaknya baru menyelesaikan penyeleksian minggu depan.

Jawa Pos, 27 Juni 2016 halaman 32

Sofware Penguji kadar Busa Oli

Mahasiswa Universitas Airlangga kembali membuat inovasi melalui Program Kreativitas Mahasiswa (PKM). Kali ini inovasi yang dikembangkan adalah software penguji kadar busa pada minyak pelumas, khususnya oli. Mereka bekerjasama dengan PT pertamina (Persero) untuk mengembangkan inovasi tersebut. Nadifah Taqwina, Andini Istiqomatul, Mohammad Deny, Mokhammad Dedy, dan Akhmad Afrizal mengembangkan inovasi dari alat parameter uji pelumas, yakni foaming test di PT Pertamina. Alat pengukur kadar busa dinamakan FoamLabyang dijalankan dengan sistem image processing sebagai salah satu teknik pengukuran volume busa.

Jawa Pos, 27 Juni 2016 halaman 32

 

Peserta Tidak Lolos Serbu Jalur Mandiri

Jumlah pendaftar jalur mandiri di sejumlah PTN diprediksi melojak seiring pengumuman hasil SBMPTN besok. Rektor Universitas Airlangga Prof. Moh Nasih mengatakan, semua calon mahasiswa baru (camaba) boleh mengikuti pendaftaran penerimaan mahasiswa baru (PPMB) jalur mandiri. Baik camaba yang sudah ikut SBMPTN atau tidak, karena penentuan PPMB jalur mandiri berdasar hasil tes yang rencananya dilangsungkan pada tanggal 24 Juli. Untuk ujian mandiri, tes yang akan diujikan meliputi tes potensial akademik dan tes prestasi akademik.

Jawa Pos, 27 Juni 2016 halaman 32

 

Pakai Headset, Awas Trauma Akustik

Memasang headset sambil mendengarkan musik kini sudah menjadi kebiasaan banyak orang. Namun, bila dilakukan secara berlebihan akan memicu gangguan pendengaran disebut trauma akustik. Dokter spesialis telinga RSUD dr Soetomo yang merupakan alumnus FK UNAIR, dr. Nyilo Purnami SpTHT-KL(K) mengungkapkan, trauma akustik adalah cedera pada sistem pendengaran di telinga dalam. Penyebabnya adalah paparan suara yang sangat keras. Menurutnya, mendengarkan suara musik dengan headset sebaiknya memperhatikan tiga gal mulai dari durasoi, intensitas, hingga frekuensi. Ada beberapa gejala yang menunjukkan seseorang terkena trauma akustik. Yang pertama, terdengar suara mendenging setelah terpapar suara. Selanjutnya, ada penurunan pendengaran. Tanda itu disertai vertigo dan pandangan yang berputar. Gangguan pendengaran memang dapat bersifat permanen dan sulit kembali meskipun telah dilakukan pengobatan.

Jawa Pos, 27 Juni 2016 halaman 40

Kenalkan bela Diri Asli Indonesia

Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) Universitas Airlangga ikut serta dalam dalam acara Silat on the Street dan pembagian takjil yang berlangsung di frontage road sisi barat Jalan Ahmad Yani. Mereka menampilkan demonstrasi gerakan silat dari PSHT berupa jurus tunggal, ganda, dan jurus menggunakan tongkat serta parang. Kegiatan tersebut dilakukan untuk berbagi dengan sesama dan memperkenalkan seni silat kepada masyarakat.

Jawa Pos, 27 Juni 2016 halaman 40

Penulis : Afifah Nurrosyidah
Editor    : Nuri Hermawan

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu