Kolaborasi UKM di UNAIR Peringati Hari Anti Narkoba Internasional

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Pembagian stiker "Merdeka Tanpa Narkoba" kepada pengguna jalan di sekitar UNAIR Kampus C oleh gabungan UKM Universitas Airlangga, Sabtu (25/6) (Foto: Istimewa)

UNAIR NEWS – Udara panas tidak menyurutkan semangat dari mahasiswa yang tergabung dalam Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Universitas Airlangga untuk menggelar kegiatan dalam rangka peringatan Hari Anti Narkoba Internasional (HANI). Peringatan HANI digagas oleh kolaborasi UKM Mapanza dan lima UKM kerohanian, yaitu Kerohanian Islam, Kristen, Katolik, Hindu, dan Buddha. Forum Komunikasi UKM juga turut serta dalam kegiatan ini.

Sebanyak 500 stiker bertuliskan “Merdeka Tanpa Narkoba” dibagikan kepada pengguna jalan raya di sekitar Kampus A, dan C UNAIR, pada Sabtu (25/6). Pembagian stiker merupakan salah satu wujud penolakan kolaborasi UKM di UNAIR terhadap penggunaan narkoba, khususnya di Jawa Timur. Sebab, berdasarkan data dari Badan Narkotika Nasional (BNN) akhir tahun 2015, Jawa Timur merupakan provinsi ke-2 sebagai pengguna narkoba terbesar di Indonesia.

“Acara ini merupakan ajang bagi teman-teman dari UKM Kerohanian dan UKM Mapanza untuk menyuarakan aspirasi mengenai penggunaan narkoba. Di acara ini, kami menolak keras penggunaan narkoba, apalagi di lingkungan UNAIR. Kami berharap masyarakat juga bisa memahami betapa bahayanya narkoba dan dampaknya di kehidupan sehari-hari,” ujar Triani Febriana, ketua UKM Kerohanian Buddha, UNAIR.

Stiker dipilih sebagai media penolakan terhadap penggunaan narkoba mengingat, penggunaan stiker yang ditempel dapat terlihat hingga bertahun-tahun. Sehingga harapannya, pengguna akan selalu ingat dengan pesan yang tertulis dalam stiker.

Ini merupakan acara pertama ditahun 2016 yang diselenggarakan oleh kolaborasi antar UKM di UNAIR. Rencananya, acara ini akan dijadikan kegiatan rutin UKM Kerohanian dan UKM Mapanza untuk menjalin kekeluargaan dan jalinan silaturahim. Selain itu, acara ini digagas sebagai bentuk perwujudkan kebhinnekaan dikalangan mahasiswa UNAIR. (*)

Penulis : Natasha Andrina Maharani (Anggota UKM Kerohanian Budha)
Editor    : Binti Q. Masruroh

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu