Wanala UNAIR Bina Life Sport Climbing untuk Anak-Anak Sekitar Kampus

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Sebagian dari anak-anak usia SD di sekitar kampus C UNAIR yang dibina dalam LSC Wanala UNAIR untuk menjadi atlet panjat tebing. (Foto: Bambang Bes)

UNAIR NEWS – Pasca sukses menyelenggarakan lomba berkelas nasional ”Wanala Climbing Competition” (WCC) April 2016 lalu, UKM Mahasiswa Pecinta Alam (Wanala) Universitas Airlangga tidak tinggal diam dalam euforia. Ternyata sudah cukup lama UKM Wanala UNAIR ini juga mempunyai siswa binaan dalam kegiatan olahraga panjat tebing. WCC tersebut diselenggarakan dalam rangkaian Wanala Nature Festival (Wanafest) untuk memperingati HUT ke-42 UKM Wanala.

”Ada sekitar 20 anak-anak usia Sekolah Dasar (SD) dari warga sekitar kampus C, yaitu warga Kelurahan Mulyorejo dan Kalijudan yang ikut latihan disini. Klub binaan ini kami namakan LSC (Life Sport Climbing),” kata Bernart Yogi Abrian, Ketua Umum UKM Wanala UNAIR kepada UNAIRNews belum lama ini.

Sasarannya, selain sebagai pengabdian mahasiswa juga untuk memasyarakatkan olahraga panjat tebing, yakni sebagai pembibitan/pengkaderan. Apalagi di kampus C UNAIR di Mulyorejo ini juga tersedia papan panjat tebing atau Wall Climbing Wanala yang cukup bagus dan representatif. Sehingga sekaligus pembinaan atlet usia dini itu untuk memaksimalkan ketersediaan fasilitas yang ada untuk dimanfaatkan.

Dikatakan oleh Bernart, latihan anak-anak itu disediakan pada hari Senin, Rabu dan Jumat mulai pukul 15.00. Instruktur atau pelatihnya juga dari anggota UKM Wanala yang menekuni olahraga panjat tebing ini. Sedangkan peralatan yang digunakan juga memanfaatkan alat-alat panjat yang sudah dimiliki UKM Wanala.

Satu diantara 20 anak anggota LSC, ketika mengikuti kejurnas Wanala Climbing Competition (WCC) April 2016 lalu. (foto: Alifian Sukma)
Satu diantara 20 anak anggota LSC, ketika mengikuti kejurnas Wanala Climbing Competition (WCC) April 2016 lalu. (foto: Alifian Sukma)

Diantara anggota LSC Wanala UNAIR juga ada yang meraih prestasi dalam kejuaraan WCC tersebut. Misalnya di nomor Lead U-12 Putera (usia dibawah 12 tahun) Anfias Splendida (Wanala UNAIR/SDN Mulyorejo 1 Surabaya) meraih medali perunggu.

Kemudian dari Tim Wanala UNAIR sendiri yang meraih prestasi pada kejurnas WCC tersebut di Nomor Lead U-16 Putera: M Ryan Alfiandi (Wanala UNAIR) meraih medali emas. M Ryan juga merebut medali perunggu di nomor Lead Umum Putera. Kemudian Risky Bin Isnaini juga meraih medali perunggu di Nomor Lead Umum Puteri. (*)

Penulis: Bambang Bes

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu