Tumbuhkan Kemauan Menulis Jurnal Ilmiah

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Suasana pelatihan penulisan jurnal di Ruang Sidang A FK UNAIR, Jumat (24/6). (Foto: Istimewa)

UNAIR NEWS – Tahun 2016, sivitas akademika Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga (FK UNAIR) ditarget untuk mempublikasikan 69 artikel jurnal ilmiah tingkat internasional. Dalam rangka mencapai target yang ditetapkan Rektor UNAIR, Wakil Dekan III FK mengadakan pelatihan menulis jurnal ilmiah. Pelatihan dilangsungkan pada Jumat (24/6) di Ruang Sidang A FK UNAIR diikuti oleh mahasiswa dan dosen.

Dalam sambutannya, Wakil Dekan III FK Prof. Dr. dr. Ni Made Mertaniasih, MS., SP.MK., mengatakan acara ini merupakan perwujudan keinginan pimpinan UNAIR untuk mendukung kebijakan UNAIR menuju perguruan tinggi kelas dunia. Ada dua pemateri yang dihadirkan dalam pelatihan tersebut yaitu Dr. Prihartini Widiyanti, drg., M.Kes., selaku Ketua Pusat Pengembangan Jurnal dan Publikasi Ilmiah (PPJPI), dan Dr. Juniastuti., dr., M.Kes., selaku penanggung jawab publikasi jurnal di FK.

Dalam pemaparan materi, menurut Yanti, syarat untuk menghasilkan karya tulis ilmiah adalah kemauan menulis. “Syarat yang paling penting itu adalah adanya kemauan untuk menulis,” ungkap Yanti.

Sesi selanjutnya adalah penyampaian materi tentang penyerahan (submission) artikel jurnal Internasional. Menurut Juniastuti, salah satu kendala dalam penyerahan artikel jurnal adalah pengisian data pada menu register. “Pada proses ini kalian harus fokus karena butuh mengisi data satu per satu,” ujar Juni.

Pada penutupan acara pelatihan, Prof. Mertaniasih menyampaikan bahwa FK UNAIR ini menjadi rujukan beberapa rumah sakit dalam hal penulisan jurnal ilmiah. “Jadi, penulisan jurnal ilmiah ini juga wajib bagi orang-orang klinis di rumah sakit,” pangkasnya.

Penulis: Akhmad Janni
Editor: Defrina Sukma S.

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu