Pemberian Penghargaan untuk Pebisnis Syariah UNAIR

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
(Lima dari kiri) Prof. Dr. Dian Agustia, S.E., M.Si saat memberikan penghargaan kepada para pebisnis syariah (Foto: Istimewa)

UNAIR NEWS – Guna memberikan apresiasi terhadap mahasiswa yang telah berhasil menjalankan projek bisnis sebagai luaran matakuliah Kewirausahaan, Departemen Ekonomi Islam, Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), Universitas Airlangga memberikan penghargaan. Acara pemberian penghargaan tersebut berlangsung pada Kamis (9/6), bertempat di Aula Fadjar Notonegoro, FEB UNAIR.

Acara ini dihadiri oleh Dekan FEB UNAIR, Prof. Dr. Dian Agustia, S.E., M.Si., AK, Wakil Dekan I FEB UNAIR Dr. Rudi Purwono, SE., M.S.E., dan Ketua Pusat Pembinaan Karir dan Kewirausahaan (PPKK) UNAIR Dr. drg. Elly Munadziroh, M.S.

Dalam sambutannya, Prof Dian memberikan apresiasi kepada mahasiswa serta dosen yang ikut serta pada mata kuliah Kewirausahaan ini.

“Keberhasilan menjalankan projek wirausaha ini persembahan yang luar biasa dari mahasiswa Ekonomi Islam,” sambut Dian Agustina selaku Dekan FEB.

Acara bertajuk Victory Of Entrepreneur Sharia memberikan penghargaan kepada 15 kategori yang diperebutkan oleh 39 kelompok wirausaha. Kategari yang diperebutkan yaitu Best Skyrocketing Event Project yang dimenangkan oleh tim “Qur’anesia”, Best Start Up Business Project dimenangkan oleh tim “Tutory Delivery”, Best Innovative Local Product Development Project dimenangkan oleh tim “Bagong”, Best Idea Project dimenangkan oleh tim “Ekis Creative”, Best Provocative Idea Project dimenangkan oleh tim “Buwuh Dulinan”.

Best Niche Strategy Pure Business dimenangkan tim “Tawwa Peduli”, Best Omset Pure Business dimenangkan tim “Emira Boutique”, Best Innovative Idea Business Commercial Project dimenangkan tim “Beauty-preneur Organizer”, Best Niche Strategy Project dimenangkan tim “1001 SKS”, Best Rising Awarness Socio Project dimenangkan tim “Do Project”, Best Value Added Creator Event Project dimenangkan tim “Stick Creative”, dan Best Rising Awarness Event Project dimenangkan tim “Kromosom 21”.

Achsania Hendratmi, SE., M.Si, selaku dosen mata kuliah Kewirausahaan memberikan apresiasi tinggi terhadap projek yang berhasil diselenggarakan oleh mahasiswa. Tahun lalu, kelas Kewirausahaan Ekonomi Islam berhasil mencapai omzet 365 juta untuk keseluruhan bisnis yang dilakukan. Ada peningkatan drastis dari target awal yang ditentukan. Pasalnya, dari target yang ditentukan dengan omzet sebesar 800 juta, keseluruhan tim dapat menjacapai omzet 1,1 miliar rupiah.

“Tahun ini luar biasa, karena lebih dari ekspektasi kita sebagai dosen dan mentor mereka. Omzet yang ditargetkan sebesar 800 juta, ternyata dapat tercapai, bahkan lebih yaitu sebesar 1.097.129 atau 1,1 miliar rupiah,” ungkap Achsania Hendratmi.

Projek wirausaha tahun ini mengambil tiga tema besar yaitu Socio Preneur, Pure Business, Event Preneur. Achsania menambahkan bahwa yang paling penting dari matakuliah Kewirausahaan adalah impact dan value yang didapat selama proses berbisnis sekitar 3-4 bulan.

“Pemberian penghargaan ini merupakan tahun kedua. Entrepreneur Regocnition Day ini untuk mengapresiasi kerja keras mahasiswa dalam menjalankan tugas kewirausahaan dan bisnis Islam, serta kemampuan dalam mencapai target,” ujar Nurhayati Dwi Kiranasari selaku ketua panitia.

Kegiatan ini berlangsung sejak siang hari dan ditutup dengan berbuka puasa bersama. Selain itu, ada kuliah tamu dengan pembicara Andri Firmansyah, alumni FEB sekaligus pemenang Wirausaha Muda Mandiri 2012. (*)

Penulis : Akhmad Janni
Editor    : Binti Q. Masruroh

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu