Tumbuhkan Jiwa Kreativitas lewat Bazar Kewirausahaan

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Suasana bazar kewirausahaan yang ramai pengunjung. (Foto: Istimewa)

UNAIR NEWS – Mahasiswa program studi S-1 Ilmu Gizi, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Airlangga juga punya jiwa kewirausahaan. Buktinya, mereka berhasil melaksanakan kegiatan bazaar di selasar Aula Soemarto, Rabu (1/6). Kegiatan ini merupakan praktik mata kuliah kewirausahaan dan gizi.

Bazar yang dimulai sejak pukul sembilan pagi itu, ramai dikunjungi mahasiswa dan dosen. Sepuluh stan yang dipersiapkan oleh mahasiswa peserta mata kuliah kewirausahaan dan gizi berisi stan makanan yang unik dan memiliki nilai gizi. Sebagian besar peserta menawarkan makanan dengan tidak lupa memperhatikan keamanan pangan dengan nilai gizi yang terukur bagi konsumen.

Penanggung jawab mata kuliah Siti Rahayu Nadhiroh, S.KM, M.Kes, menjelaskan, bazar yang diselenggarakan pertama kalinya ini adalah pengganti program ujian akhir semester mata kuliah yang diampunya. Kegiatan bazaar mahasiswa ini merupakan implementasi teori-teori yang selama ini diajarkan di kelas. Nadhiroh merasa senang karena kegiatan bazar itu disambut antusias oleh mahasiswa dan berjalan sesuai harapan.

“Untuk kali pertama, hasilnya sudah sangat baik. Anak-anak dapat menciptakan banyak inovasi usaha yang juga memperhatikan nilai gizi dan berbasis keamanan pangan. Meskipun beberapa masih butuh banyak belajar. Ini bisa dikarenakan masih pertama kali bagi mereka. Saya berharap agar kegiatan ini dapat menjadi pemantik bagi kreativitas mahasiswa dalam bidang kewirausahaan dan gizi,” ujar Nadhiroh sambil memperlihatkan beberapa produk buatan mahasiswa.

Karena antusiasme pengunjung, beberapa stan telah menjual habis produknya dalam waktu kurang dari tiga jam. Dari pelaksanaan kegiatan ini, mahasiswa juga bisa belajar tentang inovasi produk berbasis gizi, proses promosi dan pemasaran, hingga desain produk.

Novi dan Della, kedua mahasiswa peserta bazar, menjelaskan bahwa mereka senang dengan kegiatan ini. Bagi keduanya, kegiatan ini berhasil memunculkan ide kreativitas pada mereka. (*)

Penulis: Okky Putri Rahayu
Editor: Defrina Sukma S.

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu