FKM UNAIR Beri Edukasi Bahaya Narkoba kepada Pelajar SMA

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Ilustrasi PKIP FKM UNAIR

UNAIR NEWS – Sampai tahun 2015, sesuai dengan yang dilansir oleh Badan Narkotika Nasional (BNN), sekitar 5,9 juta orang Indonesia menjadi pengguna narkoba. Pada tahun 2016, angka tersebut merangkak naik. Hal ini mendorong sivitas Departemen Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Airlangga (PKIP FKM UNAIR) untuk bekerjasama dengan Badan Narkotika Nasional Kota Surabaya, mengadakan seminar bertajuk “Indonesia Darurat Narkoba” pada Sabtu (4/6). Seminar ini merupakan bentuk dukungan terhadap upaya pembebasan narkoba.

Bertempat di Aula Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 10 Surabaya, acara itu diikuti oleh sekitar 200 pelajar Sekolah Menengah Atas (SMA) se-Surabaya, dan 50 mahasiswa. Tema yang dibahas pada acara ini adalah ‘Generasi Muda Terpelajar dan Berprestasi Menuju Indonesia Bebas Narkoba 2016’.

Perwakilan BNN bagian rehabilitasi, Udin, memberikan edukasi kepada peserta tentang penyebab kasus narkoba, motif penggunaan narkoba, hingga proses rehabilitasi yang harus dijalani para pengguna narkoba. Materi ini begitu menarik, karena kebanyakan hal ini diabaikan dan belum diketahui orang awam. Ketidaktahuan inilah yang kerap kali membawa generasi muda terjebak dalam kasus narkoba.

Selain pemaparan, BNN juga mengajak duta anti narkoba tahun 2016. Mereka adalah Aristanto Pramudi, Faruq Al Azmi, Cindy Arta Purbasari dan Sri Indra Kurnia. Pemenang Duta Anti Narkoba, Aristanto dan Cindy, ikut menyampaikan materi dalam sosialisasinya. Duta anti narkoba bisa menjadi contoh bagi generasi muda untuk terus mengukir prestasi dan bebas narkoba.

Seminar itu juga dihadiri oleh Yayasan Plato Surabaya. Yayasan tersebut beranggotakan mantan pengguna narkoba. Komunitas ini dibentuk sebagai ruang berbagi para mantan pengguna. Salah satu perwakilan Plato menyatakan penyesalan terhadap dirinya yang pernah menggunakan narkoba. “Jangan sampai penyesalan ini terjadi pada generasi muda ke depan. Narkoba pada akhirnya hanya merusak masa muda dan tidak memiliki manfaat sama sekali,” tutur perwakilan Plato.

Acara seminar turut diramaikan pula dengan beragam hiburan diantaranya drama musikal dari Yayasan Plato Surabaya dengan judul “Dunia dalam Berita”, penampilan musisi Soundcloud Surabaya, dan pameran media promosi kesehatan oleh mahasiswa FKM.

“Kami sebagai panitia berharap, bahwa generasi muda yang dalam hal ini sswa-siswi SMA dapat memilah pergaulannya agar tidak terjerumus dalam narkoba. Dimana mereka yang masih dalam upaya pencarian jati diri tidak semata-mata ikut terpengaruh dalam memakai narkoba. Maka besar harapan saya acara ini menjadi sangat bermanfaat bagi peserta,” pungkas Intan Arimurti, mahasiswa FKM tahun angkatan 2013. (*)

Penulis: Okky Putri Rahayu
Editor: Defrina Sukma S.

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu