Sebanyak 192 Proposal PKM Ikuti Monev Eksternal di UNAIR

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Diantara Tim PKM dari Universitas Airlangga ketika tampil dalam monitoring dan evaluasi (Monev), Kamis (16/6). (Foto: Bambang Bes)

UNAIR NEWS – Selama tiga hari sejak Rabu (15/6) hingga Jum’at (17/6) ini Direktorat Kemahasiswaan Universitas Airlangga mempunyai ”gawe” yang relatif meriah. Selama itulah dilaksanakan Monitoring dan Evaluasi Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek Dikti). Monev ini dilaksanakan di Ruang Sidang A, B dan C, di Gedung Rektorat UNAIR, Kamnpus C Jl. Mulyorejo Surabaya.

Menurut Dr. E. Bimo Aksono, drh., M.Kes., Salah satu koordinator Pembina PKM Universitas Airlangga, UNAIR ditunjuk sebagai tuan rumah Monev exsternal ini karena terdapat banyak proposal PKM UNAIR yang meraih pendanaan dari Ditjen Dikti, jumlahnya mencapai 167 proposal.

Kemudian selain dari UNAIR juga terdapat 25 proposal dari PKM mahasiswa perguruan tinggi lain yang ikut Monev di UNAIR, yaitu dari STIE Perbanas, Universitas Pembangunan Nasional (UPN), dan Universitas Surabaya (Ubaya). Sehingga totalnya mencapai 192 proposal PKM.

Dalam kegiatan ini Dirjen Dikti juga menugaskan tiga orang interviewer yang melakukan monev di UNAIR yaitu Prof. Dr. Harun Joko Prayitno, M.Hum dari Universitas Muhammadiyah Surakarta, Ngadiwiyana, S.Si., M.Si, dari Universitas Diponegoro (Semarang), dan Dr. Ir. Budi Hariono, M.Si., dari Politeknik Jember.

Proposal PKM yang dilakukan monev meliputi empat bidang, yaitu PKM bidang Penelitian Eksakta (PKM-PE), PKM bidang Penelitian Sosial Humaniora (PKM-PSH), PKM bidang Kewirausahaan (PKM-K), PKM bidang Karsa Cipta (PKM-KC), dan PKM bidang Teknologi (PKM-T). Beberapa dosen pembimbing PKM juga ikut hadir untuk mendampingi mahasiswa bimbingannya.

Tim Garuda Sakti UNAIR aktif membantu pelaksanaan Monev eksternal, tampak suasana diluar ruang monitoring. (Foto: Bambang Bes)
Tim Garuda Sakti UNAIR aktif membantu pelaksanaan Monev eksternal, tampak suasana diluar ruang monitoring. (Foto: Bambang Bes)

“Karena banyaknya tim PKM yang harus di-monev, sedang waktunya hanya tiga hari oleh tiga orang reviewer, jadi pelaksanaan monev di UNAIR ini sampai pukul 20.00 WIB,” kata Bimo, yang juga Sekretaris Pusat Informasi dan Humas (PIH) UNAIR ini. Tetapi dalam pelaksanaan di lapangan petugas juga dibantu oleh Airlangga Sakti, yaitu lembaga mahasiswa di UNAIR yang membantu menangani masalah PKM dan kegiatan lain di tingkat mahasiswa.

“Alhamdulillah pelaksanaan monev eksternal ini lancar-lancar saja, sebab kepada peserta monev juga sudah dijadwal, sehingga sudah bisa mengantisipasi sebelumnya,” kata Moch. Yazid Abdul Z.A., mahasiswa Fakultas Vokasi, yang juga pengurus Airlangga Sakti. (*)

Penulis : Bambang Bes

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu