Penyelenggara Tes Potensi Akademik, Psikologi UNAIR Tolak Adakan Pelatihan

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Ilustrasi careerpower.in

UNAIR NEWS – Dalam proses penerimaan calon siswa-siswi SMP dan SMA, Dinas Pendidikan Surabaya melalui Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) selalu menggunakan Tes Potensi Akademik (TPA) dalam proses seleksinya. Dikutip dari situs www.ppdbsurabaya.net, beragam soal diajukan kepada calon siswa dalam TPA ini, diantaranya meliputi tes kemampuan berfikir, kemampuan pemahaman, dan kemampuan penalaran yang dianggap penting untuk kesuksesan siswa dalam pendidikan formal di sekolah.

Selama 3 tahun terakhir, Fakultas Psikologi (FPsi) UNAIR berkomitmen untuk menjalankan tugas sebagai penyusun dan penyelenggara Tes Potensi Akademik (TPA). Begitu juga pada tahun 2016 ini, FPsi masih dipercaya sebagai pelaksana tugas tersebut.

Namun dengan ditetapkannya FPsi UNAIR sebagai penyelenggara, banyak isu yang berkembang di masyarakat terkait pengadaan pelatihan-pelatihan yang berkaitan dengan TPA tersebut. Selaku Humas TPA 2016, Margaretha, S.Psi., P.G.Dip.Psych., M.Sc, mengatakan bahwa pihak FPsi tidak memiliki kerjasama dengan pihak lain dalam pembuatan soal-soal Try Out tersebut.

“Fakultas Psikologi Universitas Airlangga berkomitmen untuk menjalankan tugas yang telah dipercayakan ini, dan tidak pernah melakukan atau menyediakan latihan TPA dalam bentuk apapun,” terang Margaretha. “Kami juga tidak pernah bekerjasama dengan pihak lain untuk membuat try-out TPA,” imbuhnya.

Untuk mengatasi isu yang berkembang di masyarakat, Margaretha menegaskan, jika  ada pihak yang menyediakan sebuah latihan TPA, maka hal tersebut bukanlah atas nama UNAIR.

“Perlu dipahami, jika anda berhadapan dengan orang yang menyediakan layanan latihan TPA, maka sudah pasti bukan bagian penyelenggaraan kerja dari Fakultas Psikologi Universitas Airlangga,” himbaunya. “Jika memang pihak luar mengadakan pelatihan, maka telah kita sepakati untuk diadakan diluar kawasan UNAIR” imbuhnya.

Senada dengan Margaretha, Rektor UNAIR, Dr. M. Nasih, S.E., M.T., Ak, berharap agar pihak penyelenggara pelatihan tersebut dapat menyampaikan informasi tersebut kepada para peserta latihan TPA. “Kami meminta lembaga bimbingan yang terkait, untuk menginformasikan kepada para peserta dan khususnya kepada para orangtua peserta, bahwa kegiatan try out tersebut tidak ada hubungannya dengan UNAIR,” serunya. (*)

Penulis : Dilan Salsabila
Editor : Nuri Hermawan

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu