Makbyur, Upaya Mahasiswa UNAIR Ajak Masyarakat Konsumsi Buah dan Sayur

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Pembagian Buah Kepada Anak-anak Sekolah Dasar. (Foto: Istimewa)

UNAIR NEWS – Banyak cara yang dilakukan untuk menggalakan bentuk pengabdian dan kepedulian kepada masyarakat. Bahtiar Hidayat, Mahasiswa Ekonomi Islam angkatan 2013, menggelar kegiatan sosial dengan membagikan buah dan sayur kepada anak-anak dan masyarakat yang hidup di daerah marginal di Surabaya. Kegiatan yang menjadi tugas mata kuliah Kewirausahaan tersebut diberi nama  “Makbyur”, kepanjangan dari makan buah dan sayur. Bahtiar dan rekan sekelompoknya memilih kegiatan tersebut karena melihat kondisi anak-anak zaman sekarang yang mulai enggan mengkonsumsi buah dan sayur.

“Kami memilih kegiatan ini karena anak-anak sekarang yang jarang mau makan sayur, pun juga buah, akhirnya muncul ide tersebut. Dan Memilih kaum marginal, karena sekaligus memberi bantuan,” jelas Bahtiar.

Sebanyak 3000 sayur telah dibagikan ke berbagai daerah, seperti Kenjeran, Jagir, dan Mulyorejo. Sumber pendanaan pun  beragam, mulai iuran kelompok, dan berbagai pihak sponsor yang secara langsung memberikan uang dan juga buah serta sayur. Untuk pembagiannya Bahtiar dan tim membagi menjadi dua jenis, untuk sayur lebih diutamakan ke warga, sedang buah lebih kepada anak-anak.

“Macam-macam sayur seperti Sawi, Kangkung, dan Bayam kami bagikan ke warga, untuk buah seperti Semangka dan Melon kami lebih fokus bagikan ke anak-anak,” jelasnya.

Selain memberikan buah dan sayur secara gratis, tim Makbyur juga memberikan edukasi mengenai pentingnya makan buah dan sayur kepada masyarakat.

“Kami mengundang mahasiswa dari akademi gizi untuk memberikan sosialisasi tentang pentingnya makan buah dan sayur kepada warga dan anak-anak,” imbuh Bahtiar.

Kegiatan Makbyur tersebut dilakukan secara berkala di tiap akhir pekan, hingga puncak acara yang diselenggarakan di SDN Wonorejo Surabaya. Selain membagikan buah kepada anak-anak, Bahtiar menceritakan bahwa kegiatan puncak juga diisi dengan lomba mewarnai dan menggambar demi meriahnya acara.

“Pada puncak acara kami adakan lomba mewarnai dan menggambar dengan 500 anak-anak  Sekolah Dasar,” jelasnya.

Bahtiar berharap agar program tersebut nantinya bisa menjadi acuan kegiatan sosial untuk adik-adik tingkatnya. Selain itu, ia juga berharap masyarakat bisa memahami pentingnya mengkonsumsi buah dan sayur.

“Harapannya semoga adik-adiknya suka makan sayur dan ibunya lebih memperhatikan pentingnya sayur dan semoga kegiatan ini bisa diteruskan oleh adik-adik angkatan selanjutnya,” pungkasnya. (*)

Penulis : Nuri Hermawan
Editor   : Dilan Salsabila

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu