Kenalkan Peluang Bisnis Kecantikan di Wilayah Eks Lokalisasi Dolly

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Demo make up Beauty of Wedding Muslimah yang diadakan oleh tim Beauty-preneur Organizer (Foto: Istimewa)

UNAIR NEWS – Sekitar 195 mahasiswa program studi Ekonomi Islam, Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Airlangga berlomba-lomba untuk menjalankan ide kreatif mereka dalam sebuah projek wirausaha. Ide kreatif ini bermula dari matakuliah Kewirausahaan yang dibimbing oleh Luthfi Nur Rosyidi, S.E., M.M., dan tim. Ada tiga kategori yang harus dipilih masing-masing tim untuk menjalankan idenya, yaitu event-preneur, sociopreneur, atau murni commercial entrepreneur.

Salah satu tim dari matakuliah ini yaitu tim Beauty-preneur Organizer, sebuah event organizer yang bergerak dalam bidang kecantikan. Tim ini diketuai oleh Nurhayati Dwi Kirana Sari, dengan anggota Devi Arum Saputri, Aisyah Amini, Hasta Kurnia Prawira dan Ikhlasul Amal Rizki Aziz. Mereka merupakan mahasiswa Ekonomi Islam angkatan 2013.

“Tahun lalu kelas Kewirausahaan Ekonomi Islam berhasil mencapai omzet 365 juta untuk keseluruhan bisnis yang dilakukan dalam 1 semester. Itu berarti rata-rata kelompok sejumlah 13.5 juta. Tahun ini kami mengejar untuk bisa mencapai total omzet 800 juta untuk keseluruhan projek yang dilaksanakan oleh 39 tim,” ujar Nurhayati.

Dalam menjalankan bisnisnya, Nurhayati dan tim membuat kegiatan seperti workshop, talkshow, pelatihan, lomba, dan kegiatan sosial yang masih dalam bidang kecantikan. Ada 2 jenis event yang ditawarkan. Event regular yang diadakan setiap bulan, dan spectacular yang diadakan hanya untuk momen tertentu.

Sebagai bagian dari perayaan hari ulang tahun Surabaya ke-723, tim Beauty-preneur Organizer mengadakan workshop “Ayo Ayu” yang dilaksanakan di daerah Putat Jaya, wilayah yang dulu dikenal sebagai kawasan lokalisasi Dolly.

“Kami ingin memberi edukasi kepada warga untuk mengenal bisnis yang sesuai dengan passion. Ini merupakan sarana untuk memperkenalkan potensi kaum wanita Indonesia dengan berbagai kemampuan yang dimiliki, khususnya wanita di kawasan eks lokalisasi Dolly atau yang sekarang disebut dengan kawasan Putat Jaya,” ujar Nurhayati.

Nurhayati mengatakan, kegiatan ini diadakan dengan tujuan ingin menampilkan bisnis, keahlian, serta perubahan pola hidup wanita di kawasan eks lokalisasi Dolly. Tujuannya agar wanita-wanita dikawasan tersebut semakin produktif dan dapat mengasah keahlian yang dimiliki, khususnya dalam bidang bisnis.

Suasana demo make up Beauty of Wedding Muslimah yang diadakan oleh tim Beauty-preneur Organizer (Foto: Istimewa)
Suasana demo make up Beauty of Wedding Muslimah yang diadakan oleh tim Beauty-preneur Organizer (Foto: Istimewa)

Dalam menjalankan workshop “Ayo Ayu”, tim Beauty-preneur Organizer bekerjasama dengan perusahaan Wardah Cosmetics, Butik Karita Muslim Square, Klinik kecantikan Emdee Skin Clinic, Kemayu Agency Model, Komunitas Hijabers Mom Community Surabaya, Radio Suara Muslim Surabaya, dan Kelurahan Putat Jaya.

“Kami ingin menggali dan menyalurkan minat bakat para wanita dikawasan eks lokalisasi Dolly dengan menggali potensi diri dalam dunia bisnis. Selain itu kami ingin berbagi ilmu pengetahuan dan informasi tentang dunia bisnis kecantikan, kesehatan, dan lain sebagainya,” ujar Nurhayati.

Sampai saat ini, program bisnis yang dijalankan Nurhayati dan tim masih berjalan. Dari omzet yang ditargetkan sebesar 15 juta untuk masing-masing tim, tim Nurhayati berhasil mencapai lebih, yaitu 22 juta.

“Harapannya untuk bisnis ini, pencapaian tiap mahasiswa yang awalnya tidak mungkin menjadi mungkin. Hal ini bisa membawa mahasiswa berpola pikir tentang kerja keras dan pantang menyerah. Semoga dari kelas Kewirausahaan dan bisnis Islam ini mahasiswa mampu meningkatkan kreatifitas berbisnis dan berani mencapai targer,” pungkas Nurhayati. (*)

Penulis : Nurhayati Dwi Kirana Sari
Editor    : Binti Q. Masruroh

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu