Tumbuhkan Semangat Wirausaha, FEB Adakan Kompetisi dan Seminar Bisnis

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Alfan Cipto Wahyudin, ST, ketika memberikan materi Seminar Bisnis di Aula ABC FEB UNAIR. (Foto: UNAIR NEWS)

UNAIR NEWS Seorang pebisnis dituntut untuk mampu menciptakan lapangan usaha dan turut mewujudkan kemandirian ekonomi. Tentunya tuntutan tersebut diawali oleh langkah mahasiswa sebagai calon pebisnis muda. Dalam rangka menumbuhkan semangat berwirausaha di kalangan mahasiswa Universitas Airlangga, kali ini Divisi Bisnis Departemen Keilmuan BEM FEB menyelenggarakan Business Competition and Achievement pada Sabtu, (4/6). Acara ini memberikan wadah bagi mahasiswa untuk memulai semangat berwirausaha melalui rangkaian acara Kompetisi Business Plan dan Seminar Bisnis.

Dalam acara Kompetisi Business Plan tersebut, panitia telah menyaring 15 peserta terbaik yang kemudian mempresentasikan idenya dihadapan para dewan juri pada 1 Juni lalu, di Aula Fadjar Notonegoro. Kompetisi ini diikuti oleh peserta dari FEB UNAIR maupun dari fakultas di UNAIR lainnya. Ide bisnis yang dipresentasikan pun beragam, mulai dari ragam kuliner hingga jasa traveling.

Rangkaian acara dilanjutkan dengan pemberian penghargaan Business Competition and Achievement  lewat Seminar Bisnis bertajuk “How to Start Business from Zero” bertempat di Aula ABC dengan menghadirkan dua pembicara serta dihadiri oleh peserta dari berbagai fakultas dari beragam universitas.

Dalam seminar tersebut, Alfan Cipto Wahyudin, ST selaku pembicara pertama menyampaikan, tentang perlunya menumbuhkan semangat memulai bisnis dari awal bagi kalangan mahasiswa sebagai wujud sumbangsih pemuda dalam menciptakan lapangan pekerjaan. CEO dari PT Asuka Engineering Indonesia yang juga menjabat sebagai President of Indonesia HypnotheraphyCenter tersebut menceritakan pengalamannya saat mengundurkan diri dari posisi karier perusahaan di Jepang, demi memulai usaha dari nol, dengan bermodalkan niat menciptakan lapangan kerja bagi sesama, walaupun belum memiliki modal sama sekali.

“Jangan pernah takut untuk menjadi pengusaha, karena menjadi pengusaha itu mulia,” ujar Alfan yang juga menjadi owner PT Asuka Rental Indonesia, PT Asuka Kinetik Indonesia, dan PT Asuka Agro Indonesia tersebut.

Sedangkan  pembicara kedua diseminar tersebut adalah Lussi Agustin, S.STAT, yang merupakan CEO INDORAJ Consulting dan Koordinator kampus HIPMI Surabaya. Ia berbagi pengalaman memulai usahanya di bidang pelayanan jasa konsultan statistik untuk tugas akhir mahasiswa. Demikian karena keinginannya untuk hidup mandiri selepas lulus kuliah dan menghilangkan sebuah anggapan, bahwa kuliah bukan hanya untuk menjadi karyawan.

“Jangan menyiakan kesempatan yang datang, jujur, fokus dan telaten lah dalam memulai usaha,” seru  alumni Prodi Statistik Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Airlangga tersebut.

Rangkaian acara Business Competition and Achievement ditutup oleh pengumuman pemenang kompetisi Business Plan. Diantaranya, juara 1 diraih oleh “Nasgor Salto” dari FEB, juara 2 diraih oleh “Vit Cuit” dari FKH, dan juara 3 diraih oleh “Bebek Racing” dari Fakultas Vokasi. (*)

Penulis : Erdila Sitma Putri
Editor  : Dilan Salsabila

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu