Ramadhan Tiba, Siapkan Niat Dan Hati

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Ustadz dr. Agus Fauzi, PDG., Pall., Med., saat mengisi pengajian di Masjid Ulul Azmi UNAIR, Kamis (2/6). (Foto: Alifian Sukma)

UNAIR NEWS – Ada yang istimewa di pengajian rutin sivitas UNAIR kali ini, pasalnya pengajian yang digelar tiap bulan sekali tersebut dilaksanakan di Masjid Ulul Azmi UNAIR, Kamis (2/6). Bagi Wakil Rektor II UNAIR, Dr. Muhammad Madyan, S.E., M.Si., M.Fin., pengajian perdana yang diselenggarakan di Masjid Ulul Azmi kampus C UNAIR ini akan menjadi sejarah.

“Pengajian ini adalah pengajian bersejarah, karena perdana di masjid tercinta ini, semoga dengan ini bisa menjadi dorongan sivitas UNAIR untuk terus memakmurkan masjid, “ tuturnya saat memberikan sambutan.

Pada pengajian edisi menyambut Bulan Suci Ramadhan 1437 Hijriah tersebut, Ustadz dr. Agus Fauzi, PDG., Pall., Med., membuka ceramah dengan mengingatkan kepada jamaah yang hadir untuk senantiasa bersyukur dan tidak terlalu mencintai hal-hal yang berkaitan dengan duniawi. Baginya kebanyakan penyakit itu muncul disebabkan dari hati yang tidak terkontrol, mudah marah, merasa dengki, iri, dan tidak ikhlas menerima pemberian Allah SWT.

“Teruslah bersyukur, bersedekah, sama Allah jangan hitung-hitungan, ingat banyak penyakit yang sejatinya disebabkan dari hati bukan sebab makanan yang dimakan,” jelasnya.

Dokter yang sudah lebih dari 20 tahun berkecimpung dalam dunia medis tersebut juga mengajak para hadirin untuk meningkatkan ibadahnya di bulan puasa tahun ini. Selain itu, Ustadz Agus juga menekankan untuk menata niat, menata hati untuk senantiasa ikhlas karena Allah SWT.

“Ayo kita siapkan baik-baik Ramadhan tahun ini, ibadahnya ditambah, jangan sampai detik-detik di bulan puasa ini terlewat tanpa zikir,” serunya.

Ditengah tausiyah yang berlangsung hampir dua jam tersebut, Ustadz Agus juga menekankan pentingnya bekerja dengan tulus, semangat, dan tidak berorientasi semata-mata pada uang. Dalam kesempatan tersebut, ia juga menyampaikan bahwa puasa adalah momen yang tepat untuk menyucikan hati, menyiapkan bekal iman untuk kehidupan sebelas bulan ke depan.

“Ramadhan itu menyucikan hati, ingat jika hati bersih, penyakit lewat,” tegasnya dihadapan hadirin. (*)

Penulis: Nuri Hermawan
Editor: Dilan Salsabila

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu