Mahasiswa UNAIR Raih Tiga Medali Perak di Olimpiade Matematika dan IPA

(Dari kiri) Pandit Bagus, Winanda Denis Kurniawan (peraih perak bidang Biologi), Miftau Rahman Taufik (peraih perak bidang Kimia), Pembina bidang Fisika Arif, Kharis Lazuardi (peraih perak bidang Biologi), Riyan Iman Marsetyo, dan Dinni Royana. (Foto: Istimewa)

UNAIR NEWS – Putra putri terbaik Universitas Airlangga terus mengukir prestasi. Kali ini, nama UNAIR diharumkan oleh ketiga mahasiswa yang menyabet medali perak pada ajang ajang Olimpiade Nasional – Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Perguruan Tinggi (ON-MIPA PT) tahun 2016. Ajang ON-MIPA PT itu diselenggarakan di Hotel Kartika Chandra, Jakarta, pada tanggal 23 – 26 Mei 2016.

Pada ajang tersebut, sebanyak enam mahasiswa mewakili UNAIR dalam kompetisi ON-MIPA PT. Keenam mahasiswa itu adalah Dinni Royana (Fakultas Kedokteran/2013), Kharis Lazuardi (FK/2013), Winanda Denis Kurniawan (FK/2013), Miftau Rahman Taufik (FK/2013), Pandit Bagus (FK/2015), dan Riyan Iman Marsetyo (Fakultas Kedokteran Gigi/2014).

Dari keenam mahasiswa itu, tiga diantaranya meraih medali perak. Ketiga mahasiswa tersebut adalah Kharis (peraih perak bidang Biologi), Denis (peraih perak bidang Biologi), dan Miftau (peraih perak bidang Kimia).

Denis, salah satu peserta olimpiade bidang Kimia, mengatakan bahwa dirinya senang dan bangga untuk mengikuti event sampai ke tingkat nasional. Pasalnya, ia telah mengikuti kompetisi semacam ini sejak ia duduk di bangku sekolah menengah atas.

Dalam sesi pengerjaan soal, ia mengerjakan 10 soal Biologi dalam waktu 40 jam. Berhasil lolos ke tingkat nasional bukan tak menjadi tantangan sendiri bagi Denis. “Susah banget karena saya bukan berasal dari program studi Biologi murni. Jadi, saya harus mengulang banyak lagi materi. Saya mendapat jatah pembinaan selama 70 jam dari dosen-dosen Biologi FST (Fakultas Sains dan Teknologi),” tutur mahasiswa FK UNAIR tahun angkatan 2013.

Atas prestasi yang berhasil diraih itu, tiga orang perwakilan tim ON-MIPA diterima oleh Wakil Rektor III UNAIR Prof. Ir. M. Amin Alamsjah, M.Si., Ph.D, Direktur Kemaahasiswaan UNAIR Dr. Hadi Subhan, S.H., M.H., C.N, dan beberapa tim pendamping kemahasiswaan UNAIR. Peserta ON-MIPA tingkat nasional itu diterima di Ruang Wakil Rektor III, Kantor Manajemen UNAIR, Senin (30/5).

Dalam sambutannya, Prof. Amin mengucapkan selamat kepada tim ON-MIPA UNAIR yang meraih tiga medali perak pada bidang studi Biologi. “Ini merupakan hal yang luar biasa karena menjaga kontinuitas bukan hal yang mudah. Mempertahankan itu tidak lebih mudah daripada meraih,” tutur Wakil Rektor III UNAIR.

Selanjutnya, Prof. Amin akan berkoordinasi dengan Wakil Rektor I Prof. Djoko Santoso, dr., Sp-PD., K-GH., FINASIM, untuk memaksimalkan potensi prestasi yang dapat dikembangkan oleh sivitas akademika UNAIR. Ada tiga hal utama yang akan dikembangkan oleh pimpinan UNAIR agar prestasi bisa diraih dan ditingkatkan secara kontinu.

Pertama, pencarian bibit ke siswa-siswa sekolah menengah atas yang memenangkan olimpiade baik di tingkat nasional maupun internasional. Kedua, alokasi pendanaan kepada mahasiswa peserta dan dosen pendamping yang berhasil mengharumkan nama UNAIR ke kompetisi tingkat nasional maupun internasional. Ketiga, wacana pelembagaan latihan olimpiade kepada mahasiswa sejak semester satu.

ON-MIPA merupakan ajang kompetisi mahasiswa di bidang sains (matematika, fisika, kimia, dan biologi) yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Dikti), Kemenristekdikti. Pada tahun-tahun sebelumnya, ON-MIPA hanya boleh diikuti oleh mahasiswa asal FMIPA ataupun Fakultas Sains dan Teknologi. Pada tahun ini, Dikti membuka kesempatan bagi fakultas lain untuk mengikuti ajang ON-MIPA. (*)

Penulis: Defrina Sukma S.