Mahasiswa FKp Adakan Pengabdian Masyarakat di Tambaksari

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Salah Satu Anggota GEN Corps Saat Pemeriksaan dan Pendidikan Keshetan (Foto: Istimewa)

UNAIR NEWS – Pengabdian masyarakat sekarang banyak diwujudkan oleh mahasiswa dalam berbagai bentuk kegiatan. Salah satunya adalah GBGC (Gelar Bakti  GEN Corps) yang dilaksanakan oleh BSO GEN Corps dari Fakultas Keperawatan (FKp) UNAIR. Kegiatan GBGC ini merupakan salah satu progam kerja yang diadakan oleh GEN Corps setiap tahunnya. Tahun 2016 ini, GBGC berhasil dilaksanakan di Jalan Bogen kelurahan Ploso kecamatan Tambaksari RT.07 RW.04, Surabaya.

Daerah Bogen menjadi salah satu sasaran pada kegiatan ini karena rerata masyarakat di daerah tersebut adalah golongan ekonomi menengah kebawah. Selain itu, angka kejadian Diabetes Mellitus, Asam Urat dan Hipertensi di daerah tersebut termasuk tinggi.

“GBGC adalah kegiatan pengabdian masyarakat tahunan dan merupakan pengaplikasian dari pembelajaran di organisasi kami. Selain itu, kegiatan ini bertujuan untuk selangkah lebih dekat dengan masyarakat, saling membantu dan berbagi,” ungkap Amalia Khasanah selaku ketua GEN Corps.

Kegiatan ini berlangsung Selama dua hari pada tanggal 21- 22 Mei 2016. Hari pertama, kegiatan yang diadakan yakni penyuluhan mengenai “Hidup sehat bebas hipertensi, asam urat dan diabetes melitus”. Materi ini disampaikan oleh Ery Yannata S.Kep.,Ns. Pada penyuluhan tersebut,  sekitar 93 warga Bogen turut hadir dan aktifnya bertanya pada pemateri maupun fasilitator tentang materi yang disampaikan. Kegiatan dilanjutkan dengan pemeriksaan gratis yang terdiri dari pemeriksaan gula darah, asam urat dan juga pendididkan kesehatan. Warga juga terlihat mengantri dengan sabar untuk mendapatkan pemeriksaan dan juga pendidikan kesehatan.

“Antusias warga terlihat dari banyaknya yang bertanya mengenai hasil pemeriksaaan dan juga pendidikan kesehatan yang diberikan sewaktu acara berlangsung,” imbuhnya.

Di hari kedua,  GEN Corps bersama warga Bogen melaksanakan Jalan Sehat. Kegiatan ini diikuti hampir semua warga Bogen termasuk anak kecil pun ikut meramaikan kegiatan jalan sehat. Endri, salah satu warga Bogen menyampaikan bahwa  kegiatan yang diadakan oleh Anak GEN Corps FKp UNAIR ini sangat bermanfaat bagi warga, baginya dengan adanya penyuluhan dan pemeriksaan gratis warga bisa tahu tanda gejala penyakit yang sering dialami warga.

“Kalau kami sudah tahu gejala dari awal kan bisa segera periksa ke rumah sakit,” jelasnya.

Mewakili RT.07 Endri juga menyampaikan bahwa semisal jika ada kegiatan lagi, ia berharap dilakukan disini lagi. Hal ini dikarenakan warga Bogen merasa senang dengan adanya kegiatan tersebut.

“Saya selaku perwakilan RT 07 mengucapkan terimakasih kepada GEN Corps atas dua hari acara di daerah kami,” ungkapnya. (*)

Penulis : Winahyu, Mahasiswa Fakultas Keperawatan UNAIR
Editor    : Nuri Hermawan

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu