Juarai Pekan Seni Mahasiswa Daerah, Siap Berlaga ke Tingkat Nasional

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Chendra Mitra Affandi (kiri) menjadi perwakilan UNAIR sekaligus Jawa Timur yang akan mengikuti Peksiminas di Kendari, pertengahan September nanti. (Foto: Istimewa)

UNAIR NEWS – Pekan Seni Mahasiwa Daerah (Peksimida) sedang berlangsung. Ada berbagai macam kategori yang dilombakan pada ajang ini. Pada Selasa (17/5) lalu, bertempat di Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) dan Universitas Brawijaya (UB), puluhan mahasiswa UNAIR ikut berkompetisi dengan mahasiswa dari perguruan tinggi se-Jawa Timur untuk memperebutkan gelar juara. Pemenang pada tiap kategori, nantinya akan mewakili Jawa Timur untuk mengikuti Pekan Seni Mahasiswa Nasional (Peksiminas) 2016 yang akan diselenggarakan di Kendari, Sulawesi Tenggara, pertengahan September nanti.

Ada puluhan bidang seni yang dilombakan pada Peksimida ini. Minggu lalu, kompetisi bidang Keroncong berlangsung di UMM, sedangkan tangkai penulisan cerpen, lakon, dan puisi dilangsungkan di UB. Chendra Mitra Affandi mahasiswa Sastra Indonesia, Fakultas Ilmu Budaya (FIB) memperoleh juara I untuk kategori tangkai penulisan puisi. Selain Chendra, tim dari Unit Kegiatan Tari dan Karawitan (UKTK) memperoleh Juara III untuk kategori tari, dan Elly Raheliyawati memperoleh Juara Harapan I untuk kategori penulisan cerpen.

“Pada lomba penulisan puisi lalu, disediakan waktu 4 jam dengan tema ‘lingkungan’. Tema diberikan panitia pada saat hari H pelaksanaan lomba,” ujar Cema.

Peksiminas merupakan program Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI yang diadakan tiap dua tahun sekali. Airlangga Got Talent yang diselenggarakan oleh Direktorat Kemahasiswaan UNAIR merupakan ajang kompetisi bagi mahasiswa UNAIR sebelum seleksi menuju Peksimida. Chendra atau yang lebih akrab disapa Cema, menjadi perwakilan UNAIR sekaligus perwakilan Jawa Timur pada cabang tangkai penulisan puisi yang akan mengikuti Peksiminas nanti.

“Yang saya persiapkan untuk Peksiminas nanti adalah melatih kepekaan, memperbanyak bacaan, latihan menulis setiap hari,” ujar Cema.

“Cabang lain yang akan menyusul dalam Peksimida adalah cabang komik strip, baca puisi, monolog, vocal grup, dan seriosa,” ujar M. Aminuddin Ghufron Ali Musmar selaku Ketua Forum Komunikasi UNAIR 2016. (*)

Penulis : Binti Q. Masruroh
Editor    : Nuri Hermawan

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu