Menjadi Pemimpin Bukan Sekedar Pemimpi

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Pemateri saat menyampaikan motivasi dihadapan ratusan mahasiswa (Foto: UNAIR NEWS)

UNAIR NEWS – “Pemuda Hari Ini adalah Pemimpin Masa Depan”. Ungkapan tersebut merupakan gagasan besar yang menyadarkan pentingnya langkah pemuda hari ini untuk menentukan masa depan bangsa. Berbagai  langkah dan persiapan dilakukan melalui beragam hal, salah satunya adalah kegiatan yang dilaksanakan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Airlangga.

Bekerja sama dengan PT. XL Axiata Tbk., BEM UNAIR menggelar Talkshow bertajuk “Leadership and Scholarship XL Future Leader”, Sabtu (21/5). Acara yang dilangsungkan di Aula Excellence with Morality, Fakultas Psikologi (FPsi) UNAIR tersebut, bertujuan untuk mencari pemuda yang punya mimpi untuk diajak mewujudkan mimpinya.

Ahmad Pradipta, mewakili PT. Xl Axiata Tbk. yang datang ke UNAIR, menuturkan bahwa acara yang telah berlangsung untuk kali kelima ini sengaja diadakan untuk mencari potensi pemuda, terkhusus mahasiswa UNAIR.

“Sudah beberapa kali acara seperti ini  dilakukan di UNAIR. Selain strategis, UNAIR memiliki mahasiswa yang berpotensi cukup besar di bidang kepemimpinan,” jelasnya.

Dipta, sapaan akrabnya, mengatakan bahwa acara talkshow ini merupakan sosialisasi kepada para mahasiswa. Setelah talkshow berakhir, ada beberapa tahapan seleksi dan pembinaan bagi mahasiswa yang lolos hingga tahap akhir. Ia juga menambahkan bahwa pemilihan tema “Jalan Pemimpi Jadi Pemimpin” merupakan tema besar yang ada sejak tahun pertama.

“Kegiatan ini merupakan media bagi pemuda yang mempunyai mimpi besar untuk mewujudkan mimpinya, namun belum tahu caranya. Makanya kami adakan acara semacam ini,” imbuhnya.

Senada dengan Dipta, mewakili BEM UNAIR, Ratna Dewi Kumalasari menuturkan bahwa kegiatan kerja sama ini merupakan kegiatan yang memiliki banyak keuntungan, terlebih bagi mahasiswa. Mahasiswa yang menjabat sebagai Menteri Hubungan Luar BEM UNAIR tersebut menegaskan bahwa selain pemberian beasiswa, program tersebut juga memberikan beragam pelatihan untuk meningkatkan kemampuan kepemimpinan.

“Keuntungannya bagi mahasiswa yaitu selain mendapat beasiswa juga ada pembinaan untuk kepemimpinan,” jelasnya.

Acara tersebut juga mengundang siswa SMA se-Surabaya. Hal ini dimaksudkan juga sebagai media bagi BEM untuk mengenalkan beragam beasiswa dan jalur masuk yang ada di UNAIR.

“Kami juga membuka stan mengenai informasi penerimaan mahasiswa baru di UNAIR dan berbagai beasiswa yang ada di UNAIR untuk adik-adik SMA,” paparnya.

“Menjadi pemimpin bukanlah mimpi,” tegas Ratna diakhir wawancara. (*)

Penulis : Nuri Hermawan
Editor    : Binti Q. Masruroh

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu