UNAIR dan Curtin University Diskusikan Kerjasama Internasional

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Suasana Diskusi Kolaborasi antara Universitas Airlangga dengan Curtin University, di Ruang Sidang Pleno, Gedung Manajemen UNAIR, Senin (23/5). (Foto: UNAIR NEWS)

UNAIR NEWS – Rombongan dari Universitas Curtin yang dipimpin Deputy Vice Chancellor International Seth Kunin, berkunjung ke Universitas Airlangga (UNAIR), Senin (23/5). Kedatangan perwakilan universitas multikultural terbesar se-Australia Barat itu untuk membahas mengenai kerjasama internasional dengan UNAIR.

Tim Universitas Curtin diterima oleh Wakil Rektor III UNAIR Prof. Amin Alamsjah, didampingi Wakil Dekan III dari beberapa fakultas di UNAIR yang terkaitan dengan bidang pembahasan diskusi. Sedangkan dari Universitas Curtin selain Seth Kunin juga terdapat Celia Cornwal, Dean International Faculty of Health Sciences, serta Grant O’neill sebagai Dean International from Curtin Business Sciences.

Dalam diskusi yang diadakan di Gedung Manajemen UNAIR ini juga dihadiri perwakilan dari Australian Technology Network (ATN) Indonesia, Josephine Ratna. Diskusinya dibagi dalam dua pokok bidang, yaitu bidang kesehatan serta bidang bisnis dan ekonomi.

“Semuanya terkait dengan kegiatan universitas untuk menjadi world class university (WCU), sehingga yang bisa kita genjot adalah melalui kerjasama internasional,” ujar Dian Ekowati, Ph.D., Kepala International Office and Partnership (IOP) UNAIR.

Dalam pembahasannya, diskusi kerjasama tersebut memiliki tiga fokus sebagai topik utama, yaitu; Joint Research, Academic Collaboration, dan Exchange. “Kerjasama untuk hari ini fokusnya ada tiga, jadi kita ngomongin joint collaboration terkait dengan riset, lalu juga ada academik collaboration terutama dalam konteks pengembangan dual program, lalu yang ketiga kita berbicara mengenai exchange, baik exchange profesor maupun student, baik short course maupun jangka panjang. Tapi intinya adalah untuk publikasi internasional,” tambah Dian.

Atas terlaksananya diskusi UNAIR dengan Universitas Curtin, Prof. Amin berharap agar kedua universitas dapat melanjutkan beberapa program yang tercakup dalam empat pilar UNAIR, yaitu; Academic Excellence, Research Excellence, Community Excellence dan University Holding. Hal ini guna mendukung untuk menaikkan peringkat UNAIR masuk kedalam 500 besar dunia.

“Saya berharap kedepan kita bisa terus mengembangkan dan melanjutkan beberapa program kita seperti double degree, joint research, dan beberapa seminar internasional,” pungkas Wakil Rektor III UNAIR. (*)

Penulis : Dilan Salsabila
Editor : Bambang BES

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu