Malaysian Night, Ajang Saling Sambang Ala Mahasiswa Negeri Jiran di Indonesia

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Suasana Acara Malaysian Night Di Hotel Garden Palace Surabaya (Foto: Istimewa)

UNAIR NEWS – Berada di tanah rantau, jauh dari keluarga dan kampung halaman demi sebuah ilmu, itulah yang dirasakan oleh beberapa mahasiswa yang berasal dari luar kota atau bahkan luar negeri. Namun bagi mereka ada kenikmatan tersendiri, pasalnya hidup di tanah orang akan menemukan banyak saudara yang ternyata masih sekampung halaman. Tidak hanya itu, bertemu dengan teman rantau dari daerah asal yang sama biasanya akan memberikan dorongan untuk melakukan banyak kegiatan, mulai membentuk komunitas, mengadakan acara sosial, hingga mengadakan sebuah acara rutin pertemuan. Demikian halnya yang dirasakan oleh mahasiswa UNAIR yang berasal dari Malaysia. Keberadaannya di Indonesia untuk menuntut ilmu, mendorong mereka untuk mengadakan sebuah agenda hanya sekedar untuk bertemu atau melepas rindu dengan kawan sekampung halaman, Malaysian Night. Kegiatan yang diketuai oleh Ahmad Naqib Bin Baharom digelar untuk mengumpulkan mahasiswa asal Malaysia yang berada di Indonesia.

“Acara ini mulanya memang bertujuan untuk mengumpulkan anak-anak Malaysia, terutama di Surabaya, namun karena dirasa perlu kami juga mengundang yang dari Yogjakarta, Malang, Bogor, dan Jakarta,” jelas mahasiswa kelas internasional Fakultas Kedokteran UNAIR angkatan 2014 tersebut.

Selain sebagai ajang bersilaturahmi, acara yang digelar di garden palace pada pekan lalu tersebut juga dihadiri beberapa pejabat negara asal negeri jiran tersebut. Selain memberikan beberapa sambutan dan arahan, pejabat yang diundang diharapkan bisa menjadi peghubung kerjasama antara kampus di Malaysia dan  Indonesia, khususnya UNAIR.

“Kami juga ingin mengenalkan bahwa ada mahasiswa Malaysia yang belajar di UNAIR, dan beberapa kampus di Indonesia, dengan ini semoga ke depan bisa menjalin program dengan kampus yang ada di Malaysia,” imbuhnya.

Acara yang rencananya akan digelar dua tahun sekali tersebut juga memadukan beberapa tampilan budaya, baik dari Malaysia ataupun Indonesia, beberapa mahasiswa Indonesia yang studi di UNAIR sengaja dihadirkan untuk menampilkan beragam seni budaya dan begitu sebaliknya.

“Acara yang juga mengundang mahasiswa Indonesia ini harapannya agar hubungan kami semakin erat,” tegasnya.

Dalam acara tersebut ada sekitar 150 mahasiswa asal Malaysia yang tengah studi S1 di Indonesia, baik tengah exchange, program amerta ataupun kelas internasional. (*)

Penulis : Nuri Hermawan
Editor    : Dilan Salsabila

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu