UNAIR Berikan Beasiswa kepada 190 Siswa

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Penyerahan beasiswa secara simbolis oleh Wakil Rektor I Prof. Djoko Santoso, dr., Sp.PD-KGH., Ph.D., kepada perwakilan kepala sekolah dari SD di Mulyorejo (Foto: UNAIR NEWS)

UNAIR NEWS – Sebagai perwujudan Tri Dharma Perguruan Tinggi, Direktorat Kemahasiswaan Universitas Airlangga memberikan beasiswa kepada 190 siswa sekolah dasar di Kecamatan Mulyorejo, Surabaya. Acara pemberian beasiswa diselenggarakan pada Rabu (18/5) di Kantor Manajemen UNAIR dan dihadiri oleh perwakilan guru dari sebelas sekolah.

Beasiswa diberikan langsung oleh Wakil Rektor I Prof. Djoko Santoso, dr., Sp.PD-KGH., Ph.D.,  bersama Direktur Kemahasiswaan UNAIR Dr. M. Hadi Subhan, SH., MH., CN., kepada perwakilan guru dan kepala sekolah dasar yang bersangkutan.

Sebelas sekolah yang mendapatkan bantuan beasiswa yaitu SDN Mulyorejo I-237, SDN Manyar Sabrangan I/229, SDN Manyar Sabrangan II/231, SDN Kalijudan I/239, SDN Kalijudan II/559, SDN Kalisari I/240, SDN Kalisari I II/513, SDN Kejawen Putih I/234, SDN Sutorejo I/240, SD Hidayatul Ummah, dan SD Al Huda. Jumlah total beasiswa yang diberikan kepada sekolah sebesar Rp. 76 juta.

Beasiswa ini rutin diberikan tiap tahun oleh UNAIR kepada siswa SD di sekitar wilayah Kampus C, Mulyorejo. Hadi mengatakan, beasiswa ini nantinya diberikan kepada siswa SD yang kurang mampu secara ekonomi, namun memiliki prestasi akademik yang cukup membanggakan.

“Ini kewajiban kita secara moral, sebagai bagian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi. Kita membaur dengan masyarakat dengan meningkatkan kepedulian melalui pemberian beasiswa,” ujar Hadi.

 

Sementara itu, dalam sambutannya dihadapan para guru, Prof. Djoko mengatakan bahwa pemberian beasiswa ini merupakan bentuk kepedulian UNAIR, terutama kepada masyarakat sekitar kampus.

“Secara khusus, pemberian beasiswa ini menjadi salah satu cara untuk ikut membangun generasi muda yang kelak ada potensi untuk menjadi pemimpin bangsa. Semoga pemberian beasiswa ini bisa menjadi tradisi kepedulian UNAIR terhadap masyarakat sekitar kampus,” kata Guru Besar bidang Ilmu Penyakit Dalam, Fakultas Kedokteran UNAIR ini.

Setiap siswa yang memperoleh beasiswa UNAIR telah diseleksi oleh Unit Penyelenggara Teknis Daerah (UPTD) Surabaya II. Drs. Suwono, M.Si selaku Kepala Wilayah Dinas Pendidikan Kota Surabaya mengatakan, penerima beasiswa adalah siswa dengan orang tua tidak berpenghasilan tetap, yatim piatu, atau mereka yang hanya tinggal bersama ibu.

Drs. Mat Sudjak selaku Koordinator Kepala Sekolah UPTD Surabaya II yang sekaligus Kepala Sekolah dari SDN. Mulyorejo I-237 berharap agar pemberian beasiswa tersebut bermanfaat untuk siswa bersangkutan, terlebih untuk mereka yang akan melanjutkan studi. (*)

Penulis : Binti Q. Masruroh
Editor: Defrina Sukma S.

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu