Peserta Program Wirausaha Ikuti Boothcamp

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Pemberian materi dalam acara kamp kewirausahaan yang diselenggarakan oleh PPKK Universitas Airlangga. (Foto: UNAIR NEWS)

UNAIR NEWS – Sekitar 180 peserta program mahasiswa wirausaha (PMW) mengikuti acara kamp kewirausahaan yang diselenggarakan oleh Pusat Pembinaan Karir dan Kewirausahaan (PPKK) Universitas Airlangga. Acara kamp berlangsung pada hari Jumat dan Sabtu 13 – 14 Mei 2015.

Acara kamp dihari pertama, peserta diberi pelatihan oleh Michael Goldberg, Asisten Profesor dari Sekolah Manajemen, Universitas Case Western Reserve, Amerika Serikat. Pelatihan diselenggarakan di Aula Garuda Mukti, Kantor Manajemen UNAIR. Michael memberikan materi tentang kewirausahaan dan pengelolaan keuangan pada masa rintisan usaha.

Salah satu peserta kamp, Rico Adrianto yang juga mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNAIR, mengatakan bahwa penjelasan Michael cukup bermanfaat bagi pengusaha yang baru merintis karir.

“Dia menjelaskan tentang bagaimana melakukan presentasi dengan baik dan benar. Ini penting untuk menarik minat investor menanamkan modalnya pada usaha startup,” tutur Rico.

Dihari kedua, acara kamp dilanjutkan dengan materi-materi yang tak kalah menarik. Pembicara yang hadir dalam boothcamp dihari kedua yaitu Syafril Riza dengan tema ‘My Business My Passion’, Dr. Dra. Hamidah, M.Psi, dengan tema ‘Team and Time Management’, Yudi Kemal Akbar dengan tema ‘Make Your Partner as Your Future’, dan Reco Setyo dengan tema ‘Standar Operasional Prosedur’. Acara hari kedua diselenggarakan di Aula Fadjar Notonegoro, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, UNAIR.

Dalam acara boothcamp hari kedua, peserta PMW diajak untuk melakukan role play. Peserta dibagi sesuai dengan huruf awal dari nama masing-masing. Mereka diajak untuk melakukan simulasi tentang bagaimana menjadi pemain tim yang baik.

“Masing-masing individu membuat kelompok berdasarkan huruf depan nama peserta. Sehingga ada banyak kelompok, kan, karena abjad itu banyak dan campur dari mahasiswa seluruh fakultas. Mereka mendapat tugas untuk memecahkan masalah dan punya pandangan berbeda-beda,” tutur Dr. Tri Siwi Agustina, S.E., M.Si, selaku penanggung jawab PMW UNAIR.

Boothcamp PMW selama dua hari memperoleh respon positif dari peserta. Fairuzuddin, mahasiswa asal Fakultas Sains dan Teknologi (FST) UNAIR menuturkan, pembawaan pemateri yang lincah menarik antusiasme peserta.

“Kami juga butuh pembimbingan atau praktik yang lebih riil. Mas Yukem (Yudi Kemal, –red) pembawannya pas. Jadi, tepat sasaran sekali,” tutur Fairuz.

Ada pula Hetty, peserta PMW yang mengajukan proposal tentang bisnis Coco Bag. Ia mengatakan bahwa materi yang diberikan cukup bermanfaat dengan penyampaian yang mudah diterima oleh peserta.

“Materi yang disampaikan sangat komunikatif, soalnya pematerinya muda dan energik. Kemarin sempat dapat hadiah buku dari games yang diadakan,” tutur Hetty.

Siwi selaku penanggung jawab PMW UNAIR mengatakan, kegiatan kamp pelatihan merupakan rangkaian acara kegiatan PMW. Kamp pelatihan diikuti oleh seluruh pengirim proposal PMW. Selanjutnya, peserta yang lolos seleksi PMW akan diumumkan dalam waktu dekat dan mengikuti serangkaian kegiatan lainnya. (*)

Penulis: Defrina Sukma S.
Editor    : Binti Q. Masruroh

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu