Cetak Pengajar dan Mahasiswa Kompeten, Fakultas Vokasi Adakan Training Program Database

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Suasana “Training of Trainer Database Programming with PL/SQL” di ruang lab komputer LP3 UNAIR (Foto: UNAIR NEWS)

UNAIR NEWS – Sebagai salah satu rangkaian acara dies natalis Fakultas Vokasi Universitas Airlangga, program studi D-3 Sistem Informasi bekerjasama dengan Oracle Academy dan AISINDO (Association for Information Systems for Indonesia)  menyelenggarakan training bertajuk “Training of Trainer Database Programming with PL/SQL”. Pelatihan ini diselenggarakan sejak 16-20 Mei 2016, di ruang laboratorium komputer Lembaga Pengkajian dan Pengembangan Pendidikan (LP3) UNAIR dan diikuti oleh 27 dosen pengampu mata kuliah database dari 16 universitas di Jawa Timur.

Dalam sambutannya, Wakil Dekan I Fakultas Vokasi, Prof. Dr. Retna Apsari, M.Si, mengatakan bahwa training ini merupakan salah satu bentuk kerjasama yang diinisiasi oleh Fakultas Vokasi UNAIR.

“Training ini diadakan sebagai salah satu cara untuk meningkatkan skill desain database dan pemrograman PL/SQL. Training ini selain bertujuan meningkatkan kualitas pengajarnya, juga bertujuan untuk meningkatkan kualitas ketrampilan mahasiswanya, khususnya mahasiswa vokasi. Ada tanggung jawab moral untuk memberi perhatian lebih untuk mahasiswa vokasi,” ujar Prof. Retna.

Training diberikan langsung oleh Rizqy Ardiansyah, OCM (Oracle Certified Master),  seorang instruktur professional dari Oracle Academy.

“Sebelumnya, Fakultas Vokasi sebagai member dari Oracle Academy dan AISINDO juga telah mengadakan training serupa, yaitu Training of Trainer (TOT) Java Fundamental dan Java Programming yang dilaksanakan pada 31 Agustus – 4 Oktober 2015, serta TOT Database Design dan Programming pada 13-19 Oktober 2015 lalu,” ujar Endah Purwanti, S.Si., M.Kom, Koordinator Prodi D3 Sistem Informasi.

Oracle Academy adalah sebuah program Corporate Citizenship di bidang pendidikan Ilmu Komputer dari Oracle Corporation. Oracle Corporation adalah sebuah perusahaan yang bergerak di bidang software dan hardware yang berkantor pusat di Redwood Shore, California, Amerika Serikat. Oracle Academy memberikan portofolio lengkap mulai dari software, kurikulum, pelatihan dosen/guru, support dan sumberdaya sertifikasi serta menyediakan akses kepada teknologi yang sama sebagaimana yang digunakan di dunia industri.

Oracle Academy membuka kerjasama dengan berbagai institusi pendidikan formal untuk sekolah menengah kejuruan dan perguruan tinggi. Tujuan diselenggarakannya Program Oracle Academy adalah untuk melatih para peserta program menjadi SDM yang memiliki keterampilan sebelum memasuki dunia kerja dan membekali lulusan dengan konsep dasar yang kuat di bidang database dan pemrograman.

Setelah mengikuti pelatihan ini, dosen yang mengikuti program pelatihan diharapkan dapat mengimplementasikan kurikulum yang telah diajarkan saat training kepada mahasiswa. Dosen dapat membawa mahasiswa mengikuti tes-tes yang telah disediakan didalam kurikulum e-learning dan memberikan penghargaan dengan sertifikat Oracle Academy  kepada mahasiswanya.

Dari implementasi  kurikulum yang telah dilakukan untuk Java Fundamental dan Java Programming, mahasiswa akan mendapatkan penghargaan dengan sertifikat Oracle Academy sebagai sertifikat pendamping ijazah kelulusan. Pada pembukaan training ini, sertifikat diberikan secara simbolis kepada Yulfa Herliagustina dan Najibullah Ulul Albab oleh Prof. Retna.

“Dari training ini, diharapkan kualitas tenaga pengajar maupun mahasiswa lulusan Sistem Informasi UNAIR memiliki skill yang tidak kalah dengan lulusan perguruan tinggi lainnya. Setelah mahasiswa lulus agar  dapat diserap dunia kerja dan dapat bersaing dengan mahasiwa dari ASEAN yang akan mencari kerja di Indonesia ketika MEA diberlakukan,” kata Ir. Dyah Herawatie, M.Si, Ketua Departemen Teknik Fakutas Vokasi. (*)

Penulis : Binti Q. Masruroh
Editor : Dilan Salsabila

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu