[Podcast] Mahasiswa Vokasi Rancang Alat Peningkat Kualitas Tidur

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Empat mahasiswa asal Fakultas Vokasi merancang alat peningkat kualitas tidur, GL-Tech (Gas Sensing dan Lavender Technology). (Foto: Istimewa)

RADIO UNAIR Empat mahasiswa asal Fakultas Vokasi program studi Otomasi Sistem Instrumentasi (OSI) merancang alat peningkat kualitas tidur. Alat yang dinamai GL-Tech (Gas Sensing dan Lavender Technology) dirancang oleh Rayhan Bagir Daysani (2013), Pratama Bagus Baharsyah (2013), Nur Dewi Ratna Swari (2013), dan Mariatul Qibtiyah (2014). Ide tersebut mereka salurkan lewat proposal Program Kreativitas Mahasiswa – Karya Cipta (PKM – KC) yang telah lolos seleksi pendanaan oleh Kemenristekdikti tahun 2016.

GL-Tech menggunakan teknik penguapan dan pemberian ekstrak lavender. GL-Tech mempunyai dua cara kerja, yaitu penggunaan blower untuk membuang karbondioksida dan menggantinya menjadi oksigen. Kemudian, ekstrak lavender diberikan kepada pengguna untuk memberikan sensasi ketenangan. Komponen-komponen utama yang digunakan dalam penggunaan GL-Tech ini antara lain alat pengendali mikro, dinamo, dan alat sensor karbondioksida serta beberapa piranti yang lain.

GL-Tech (Gas Sensing dan Lavender Technology) (Foto: Istimewa)
GL-Tech (Gas Sensing dan Lavender Technology) (Foto: Istimewa)

Keuntungan yang ditawarkan dalam GL-Tech ini yaitu hemat energi listrik, serta wangi aroma lavender mampu memberikan ketenangan dan berfungsi sebagai pengusir nyamuk. (*)

Penulis: Faridah Hari
Editor: Defrina Sukma S

Berita Terkait

Radio UNAIR

Radio UNAIR

Radionya Arek-Arek Universitas Airlangga