Kediri Sambut Baik Peserta Study Excursie UNAIR

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Sebagian perwakilan mahasiswa Universitas Airlangga yang mengikuti study excursie saat sedang berfoto bersama (Foto: Istimewa)

UNAIR NEWS – Sebanyak 262 mahasiswa dan perwakilan dosen Universitas Airlangga mengikuti study excursie (SE) periode tahun 2016. Rombongan secara langsung diterima oleh Bupati Kabupaten Kediri yang diwakili oleh Kepala Badan Kesatuan Bangsa, Politik, dan Perlindungan Masyarakat Pemerintah Kabupaten Kediri, Sabtu (14/5), di Pendopo Kabupaten Kediri.

Dalam sambutannya, Kepala Bakesbangpol Kabupaten Kediri Drs. Mujahid, MM, merasa terhormat dengan terpilihnya Kediri sebagai lokasi kajian lapangan Mata Kuliah Wajib Universitas (MKWU). Dengan adanya kegiatan SE yang mempelajari tentang kemajemukan, Mujahid berharap mahasiswa dapat mengimplementasikan nilai-nilai keberagaman dalam kehidupan sehari-hari.

“Seandainya dari kalian ada yang menjadi pemimpin, tetaplah untuk memegang teguh ideologi Pancasila,” tutur Mujahid.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Pemerintah Kabupaten Kediri Drs. D. Sampurno, MM, dalam sambutannya mengatakan bahwa ada banyak potensi wisata di Kota Tahu yang bisa dikembangkan. Saat ini, pihaknya tengah mengembangkan berbagai program pariwisata, baik wisata sejarah maupun wisata pendidikan.

Dengan terlaksananya program SE, Direktur Pendidikan UNAIR Prof. Dr. Ni Nyoman Tri Puspaningsih, M.Si, mengatakan bahwa mahasiswa bisa menerima banyak pelajaran mengenai kemajemukan di Kediri. Prof . Nyoman juga memperkenalkan 24 mahasiswa asing program AMERTA. Mahasiswa asing tersebut berasal dari berbagai negara diantaranya Malaysia, Filipina, dan Kamboja.

“Dengan adanya mahasiswa asing yang mengikuti program ini, ketika mereka kembali, mereka bisa memperkenalkan Indonesia di negara asalnya,” tutur Prof. Nyoman.

Prof Nyoman juga menjelaskan, dengan adanya arus globalisasi, mahasiswa sebagai calon pemimpin bangsa harus bisa mempertahankan jati diri kebangsaan.

Setelah diterima oleh Pemkab Kediri, peserta diajak mengunjungi beberapa situs wisata budaya kuno dan modern. Diantaranya Gedung Teater dan Museum Kelud, pertunjukan seni jaranan, Candi Tegowangi, Sendang Kamandanu, dan Simpang Lima Gumul. (*)

Penulis : Defrina Sukma S.
Editor    : Binti Q. Masruroh

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu