Tingkatkan Eksistensi, UKM PSUA Adakan Kompetisi Paduan Suara Nasional

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Penampilan Paduan Suara Mahasiswa VOCA ERUDITA sekaligus menjadi Grand Champion Lomba Paduan Suara Universitas Airlangga 2016 (Foto: Istimewa)

UNAIR NEWS – Untuk meningkatkan eksistensi di level nasional, Unit Kegiatan Mahasiswa Paduan Suara Universitas Airlangga (UKM PSUA) menyelenggarakan “Lomba Paduan Suara Universitas Airlangga 2016” tingkat nasional. Lomba diadakan pada tanggal 4 – 7 Mei 2016 di Hall Kantor Manajemen UNAIR.

Kompetisi ini diikuti oleh 21 peserta dari kalangan mahasiswa dan siswa sekolah menengah atas. Peserta yang berasal dari Surabaya, Semarang, Salatiga, Yogyakarta, Sidoarjo, Bandung dan Banjarmasin ini saling memperebutkan juara dalam setiap kategori. Lomba paduan suara ini terdiri dari kategori musik kontemporer, musik religi, musik folk, musik chamber, dan historical program.

Sebelum masuk ke ajang grand prix di UNAIR, setiap calon peserta mengirimkan rekaman audio. Setiap calon yang dinyatakan lolos oleh tim artistik baru resmi dianggap sebagai peserta lomba. Melalui proses seleksi yang ketat, peserta setiap kategori kembali diseleksi hingga akhirnya dinyatakan lolos ke babak grand prix. Pada babak grand prix, setiap peserta bersaing untuk mendapatkan gelar juara dengan medali emas, perak, dan perunggu.

Melihat antusiasme para peserta, Ketua UKM PSUA Aditya Sahrul Bagaskara mengatakan bahwa kompetisi berikutnya yang akan dilangsungkan pada tahun 2018, akan mendatangkan juri dari luar negeri.

“Pada tahun 2018, kami bisa kembali menyelenggarakan lomba ini dengan konsep yang berbeda dan jauh lebih memukau dari tahun ini. Rencananya, juri tidak hanya dari Indonesia tetapi dari luar negeri,” tutur Aditya yang juga mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis tahun angkatan 2013. (*)

Berikut daftar pemenang lomba setiap kategori:

  • Kategori musik kontemporer: Vocalista Harmonic Choir (Institut Seni Indonesia Yogyakarta),
  • Kategori musik religi: Octava (grup alumni Universitas Parahyangan, Universitas Padjajaran, Institut Teknologi Bandung, dan Universitas Indonesia)
  • Kategori musik folk: Voca Erudita (Universitas Negeri Sebelas Maret)
  • Kategori musik chamber: Paduan Suara Universitas Mercubuana
  • Kategori historical program: Voca Erudita (Universitas Negeri Sebelas Maret)
  • Grand champion: Voca Erudita (Universitas Negeri Sebelas Maret).

Penulis: Disih Sugianti
Editor: Defrina Sukma S.

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu