FKH Ajak Mahasiswa Jepang dan Korea Ikuti Pengabdian Masyarakat

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Wakil Dekan I FKH UNAIR, Prof.Dr.Fedik Abdul Rantam, drh., Saat Membuka Acara Pengabdian Masyarakat FKH UNAIR 2016. (Foto: Istimewa)

UNAIR NEWS – Dalam rangka memenuhi salah satu pokok Tri Dharma Perguruan Tinggi, Fakultas Kedokteran Hewan (FKH) UNAIR mengadakan Pengabdian Masyarakat (Pengmas) Internasional 2016. Untuk mengawali kegiatan yang akan di gelar di Juli mendatang, panitia mengadakan grand launching dari acara tersebut, Selasa (4/5). Bertempat di Gazebo FKH, acara tahunan tersebut dihadiri oleh Wakil Dekan I FKH UNAIR, Prof.Dr.Fedik Abdul Rantam, drh., Ketua BEM FKH UNAIR, Muhammad Romy, serta seluruh peserta acara pengmas.

“Acara ini merupakan kewajiban kita sebagai bentuk pelaksanaan dari salah satu pokok Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu pengabdian,” ujar Romy.

Pada Pengmas tahun 2016 kali ini, FKH berencana mengundang mahasiswa delegasi dari negara Jepang dan Korea untuk mengikuti acara tersebut. Sebelumnya, pada tahun 2015, Pengmas FKH UNAIR diikuti oleh beberapa mahasiswa delegasi dari negara Taiwan.

“Kita rencananya mengajak delegasi internasional, kalau tahun kemarin ada mahasiswa dari Taiwan, tahun ini kita mengundang mahasiswa dari Jepang dan Korea,” ungkap Tuti Widiawati, selaku penanggung jawab acara.

Menurut Wakil Dekan I FKH UNAIR, acara Pengmas FKH yang berencana untuk mengundang mahasiswa delegasi negara lain merupakan sebuah langkah yang baik guna mengenalkan nama UNAIR dipentas dunia.

“Acara ini bukan hanya membawa nama FKH, tapi juga membawa nama UNAIR di mata dunia, kita perkenalkan pada mahasiswa mancanegara bahwa FKH UNAIR memiliki acara pengabdian dalam masyarakat, sekalian sharing ilmu dengan mahasiswa luar negeri,” ujar Prof. Fedik sembari memberikan sambutan di acara Grand Launching tersebut.

Prof. Fedik juga menambahkan bahwa Pengmas FKH merupakan salah satu program pelatihan untuk mencetak pemimpin yang berkarakter, serta mengasah kemampuan mahasiswa untuk menjadi pemimpin di masyarakat. Selain itu, diadakannya acara ini agar para peserta dari kalangan mahasiswa dapat menerapkan pengetahuan yang sudah diajarkan ketika mengikuti perkuliahan.

“Supaya punya leader yang pemberani dan mampu menjadi pemimpin yang baik ketika terjun langsung dalam masyarakat. Sekalian belajar komunikasi, sosialisasi serta skill kuliah kalian bisa diterapkan” imbuh Prof. Fedik dihadapan para peserta.

Dalam kesempatan tersebut, Prof Fedik berharap agar program ini juga bisa diadakan oleh fakultas di lingkungan UNAIR, menurutnya teori yang sudah diajarkan saat perkuliahan akan terbuang sia-sia jika tidak diiringi dengan praktik di lapangan.

“Harapan saya, kalau bisa satu universitas mengadakan pengabdian masyarakat, jadi bisa terintegritas,” pungkas ahli di bidang stem cell tersebut.

Rencananya Pengmas FKH UNAIR 2016 akan diadakan pada tanggal 26 Mei hingga 7 Agustus 2016. Acara tersebut akan dihelat di tiga kecamatan di kota Kediri. Ketiga kecamatan tersebut, yaitu  Kecamatan Kepung, Kecamatan Puncu, dan Kecamatan Kandangan. Peserta Pengmas akan dibagi menjadi beberapa kelompok yang akan tersebar di tiga kecamatan tersebut. (*)

Penulis : Dilan Salsabila
Editor    : Nuri Hermawan

This post is also available in: English

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave a Replay

Close Menu