Empat mahasiswa Universitas Airlangga berpose di Chonnam National University (Foto: Istimewa)
ShareShare on Facebook79Tweet about this on Twitter0Email this to someone
image_pdfimage_print

UNAIR NEWS – Korea Selatan merupakan salah satu negara jujukan bagi mahasiswa di Indonesia. Tak sedikit mahasiswa Indonesia berkesempatan untuk menimba ilmu di negara yang memiliki sebutan negeri ginseng itu. Kali ini, ada empat mahasiswa Universitas Airlangga yang memiliki kesempatan untuk menjalani studi di Universitas Nasional Chonnam, Korea Selatan.

Keempat mahasiswa UNAIR tersebut adalah Duriati Asmawati (mahasiswa Ilmu Politik tahun angkatan 2012), Nurul Aisyah (mahasiswa Ilmu Politik tahun angkatan 2012), Debora Danisa (mahasiswa Ilmu Komunikasi tahun angkatan 2012), dan Rizka Amalia (mahasiswa Akuntansi tahun angkatan 2014). Keempatnya mengikuti program Spring 2016 di Universitas Nasional Chonnam (CNU) pada 28 Februari – 21 Juni 2016.

Mereka memiliki beragam alasan memilih Korsel sebagai tujuan untuk menimba ilmu. Nurul  mengatakan dirinya ingin merasakan atmosfer akademik di salah satu dari lima universitas terbaik di Korsel. Lain Nurul lain pula dengan Debora. Mahasiswa Komunikasi FISIP UNAIR itu semata-mata ingin menambah pengalaman dengan mengikuti program pertukaran mahasiswa.

Duriati juga memiliki alasan sendiri mengapa ia memilih Korsel sebagai tempat jujukan belajar. Sebagai mahasiswa Ilmu Politik, ia ingin mengetahui bagaimana Korsel bisa menjadi salah satu Macan Asia.

“Ada rasa ingin tahu bagaimana negara Korsel memadukan tradisi Konfusianisme dengan demokrasi yang berkiblat ke barat. Menariknya lagi, kampus tempat saya menimba ilmu merupakan tempat berkumpulnya aktivis Korsel pada saat itu untuk menyatukan berdirinya negara berbasis demokrasi atau rakyat Korsel, terutama Gwangju,” tutur Duriati.

Mahasiswa Indonesia yang mengikuti organisasi KISSA berpose bersama mahasiswa Korea Selatan (Foto: Istimewa)
Mahasiswa Indonesia yang mengikuti organisasi KISSA berpose bersama mahasiswa Korea Selatan (Foto: Istimewa)

Coffee hours

Ada banyak kegiatan menarik yang mereka ikuti selama berada di Korsel. Bahkan mereka bergabung dalam sebuah klub diskusi dengan nama ‘CNU Coffee Hours’. Mereka tergabung dalam tiga grup yaitu Indonesian Coffee Hours, Korean Coffee Hours, dan Japanese Coffee Hours. Selain itu, mereka juga bergabung dalam KISSA (Korea International Students Support Association).

“Di KISSA, kita turut membahas hal yang menjadi perhatian utama yaitu unifikasi Korea Selatan dan Korea Utara,” kata Nurul. Seraya mengamini perkataan Nurul, Duriati mengimbuhkan, ”Tentu isu unifikasi Korea peninsula (Korsel dan Korut) sangat menarik. Bagaimana kita bisa bertemu dan mendengarkan secara langsung kehidupan warga Korut yang mempertaruhkan nyawa dengan keluar dari negaranya.”

“Selain itu, beberapa waktu yang lalu, pilkada serentak juga dilaksanakan di Korsel. Sebagai mahasiswa Ilmu Politik, saya tentu tertarik karena saya bisa melihat secara langsung proses demokrasi yang sedang berjalan di Korsel,” imbuh Duriati.

Kegiatan mereka selama di Korsel tak hanya berdiskusi. Mereka juga mengikuti festival kebudayaan selama di Korea. Nurul menuturkan bahwa salah satu pengalaman terbaik dirinya selama berada di Korsel adalah mengikuti festival kebudayaan di Yeongam.

“Salah satu pengalaman yang terbaik adalah ketika saya dan teman-teman mengikuti ‘GFN (Gwangju Foreign Language Network) 1st’ di Yeongan WangIn Cultural Festival. Tim saya merupakan satu-satunya tim yang mewakili Indonesia di acara tersebut,” tutur Nurul.

Dengan adanya sejuta pengalaman di negeri orang, mereka tentu berharap atmosfer akademis di CNU bisa dihadirkan di UNAIR. Salah satunya adalah kegiatan coffe hours yang bisa diaplikasikan di UNAIR.

Coffee hours dapat mencakup mahasiswa asing sehingga pengembangan diri berjalan dua arah. Local student can learn English and other language tergantung grup yang diikuti. Mahasiswa asing juga bisa berteman dekat dengan mahasiswa lokal,” pungkas Nurul. (*)

Penulis: Defrina Sukma S
Editor : Dilan Salsabila

ShareShare on Facebook79Tweet about this on Twitter0Email this to someone